Beranda Gaya Hidup Dampak Tubuh Jika Kurang Tidur

Dampak Tubuh Jika Kurang Tidur

Ilustrasi - foto istimewa popular-world.com

Tubuh memerlukan tidur 6-8 sehari agar bisa berfungsi dengan baik. Pada saat-saat tertentu seperti ketika harus bangun sangat pagi untuk sahur, maka harus ditebus dengan tidur lebih awal pada malam sebelumnya.

Tanpa harus menghitung berapa jam seseorang telah tidur, tanda-tanda kurang tidur sebenarnya bisa diamati dari banyak hal. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Cepat lapar

Kurang tidur memicu pelepasan hormon ghrelin, yang dikenal sebagai hormon rasa lapar. Itu sebabnya, tidur terlalu singkat membuat seseorang cenderung makan berlebihan.

2. Mudah lupa

Tiba-tiba sering lupa di mana meletakkan kacamata? Jika bukan karena sifat aslinya memang pelupa, maka perlu curiga bahwa kebutuhan tidur tidak terpenuhi. Tidur yang cukup sangat dibutuhkan untuk membuan racun-racun dari otak.

3. Jadi ceroboh

Kurang tidur sangat berdampak pada kemampuan motorik. Maka jika sering menjatuhkan sesuatu dari genggaman, tidak ada salahnya mengevaluasi kualitas dan kuantitas tidur.

4. Kulit kusam dan kering

Sebuah penelitian di Amerika Serikat membuktikan bahwa regenerasi sel-sel kulit berlangsung lebih optimal pada orang-orang yang kebutuhan tidurnya tercukupi. Pemulihan kulit 30 persen lebih baik dibandingkan pada mereka yang kurang tidur.

5. Uring-uringan

Kurang tidur juga menyebabkan emosi yang tidak terkontrol. Mudah tersinggung, uring-uringan dan mudah merasa gelisah, terkadang muncul hanya karena kurang tidur. (Red)

Sumber: detik.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ