Beranda Peristiwa Ini Catatan Mahasiswa untuk Refleksi HUT ke-494 Kabupaten Serang

Ini Catatan Mahasiswa untuk Refleksi HUT ke-494 Kabupaten Serang

Aktivis berunjukrasa di depan DPRD Kabupaten Serang, Kamis (8/10/2020).(Iyus/BantenNews.co.id)

SERANG – Aktivis mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Serang (HAMAS) dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Serang menggelar aksi refleksi HUT ke-494 Kabupaten Serang di depan DPRD Kabupaten Serang, Alun-alun Kota Serang, Kamis (8/10/2020).

Koordinator lapangan (Korlap) HAMAS, Ahmad Rukhiyat dalam orasinya mengatakan, ada beberapa hal yang kurang dirasakan masyarakat Kabupaten Serang.

“Aspek pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lain sebagainya, pengawasan DPRD juga masih kurang,” kata Rukhiyat kepada BantenNews.co.id.

Lebih lanjut, Rukhiyat mengungkapkan, angka putus sekolah berimplikasi pada tingginya angka pengangguran.

“Memang ada penurunan dari 12,78 persen sekarang turun jadi 10,65 persen atau 84.163 orang menjadi 72.584 orang. Tapi, belum tentu tahun 2020 ini. Apalagi ada bencanan non alam Covid-19,” katanya.

Oleh karena itu, dalam momentum HUT ke-494 Kabupaten Serang, HAMAS mendorong pemerintah mewujudkan pendidikan dan kesehatan gratis, menolak Undang-undang (UU) Cipta Kerja. Batasi perluasan industri dan praktik nakal galian C di Kabupaten Serang yang mengancam keselamatan warga dan berpotensi terjadi bencana. Selain itu, meminta pemerintah segera menuntaskan pembangunan infrastruktur.

Senada, aktivis HMI Cabang Serang, Wali Negara juga mendesak optimalisasi kinerja OPD. Selain itu, pihaknya juga meminta pemerintah segera menyelesaikan persoalan limbah yang mencemari Sungai Ciujung.

“Sungai Ciujung samoainsekarang belum ada solusinya. Belum lagi soal pengelolaan sampah, sampai sekarang Pemkab Serang masih numpang di TPSA Cilowong. Mana sampai saat ini belum ada pembangunan TPSA,” kata Ega.

Pihaknya juga meminta, DPRD Kabupaten Serang untuk memperbanyak pengawasan terhadap kinerja pemerintah. “Sampai saat ini pengawasan belum maksimal,” ujarnya.

(Mir/Red)