Beranda Kesehatan Ini Cara Untuk Mencegah Anak Terserang TBC

Ini Cara Untuk Mencegah Anak Terserang TBC

Dinkes Kota Tangerang melakukan skrining TBC - foto istimewa

SERANG – Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk mencegah anak tertular dari penyakit tuberkulosis atau TBC. Anak yang mengalami stunting lebih rawan terkena infeksi bakteri yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis.

Melansir dari berbagai sumber, cara mencegah anak untuk terkena TBc diantaranya dapat memberikan vaksin dan menjaga pola sehat.

Pemberian vaksin BCG atau Bacillus Calmette-Guérin pada anak dapat dilakukan kepada bayi yang baru lahir. Vaksin tersebut dapat membantu melindungi anak dari tuberkulosis parah seperti milier dan tuberkulosis meningitis.

Kemudian hindari anak dari kontak dengan orang yang mengidap TBC. Jika ada anggota keluarga yang terinfeksi tuberkulosis, mereka harus membatasi interaksi dengan anak-anak.

Para orangtua juga wajib mengajarkan kebiasaan cuci tangan yang benar dan tepat kepada anak, pastikan si buah hati mencuci tangan dengan sabun serta air bersih secara teratur terutama sebelum makan dan setelah menggunakan toilet.

Pastikan juga jika tempat tinggal bersih dan memiliki ventilasi yang baik untuk mengurangi risiko penyebaran bakteri Mycobacterium tuberculosis.

Orangtua juga harus memberikan makanan yang sehat dan bergizi kepada anak untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh. (Red)

 

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini