Beranda Kesehatan Ini Cara Kompres Demam dengan Tepat

Ini Cara Kompres Demam dengan Tepat

Ilustrasi - foto istimewa

SERANG – Perdebatan mengenai suhu kompres demam antara air hangat vs air dingin tengah panas di sosial media Twitter.

Seorang pemilik akun bernama Eriska viral di media sosial usai berdebat dengan seorang tenaga kesehatan profesional terkait suhu kompres yang tepat.

Melalui akun Twitter pribadi @erfinov98_, perempuan yang bernama Eriska tersebut memulai perdebatan dengan sosok perawat profesional bernama Rizal Do.

Adapun Rizal mengkoreksi beberapa mitos tentang kesehatan yang masih hadir di masyarakat yakni salah satunya adalah mitos mengenai kompres air dingin untuk menurunkan demam.

Sontak, Eriska ngotot bahwa kompres air dingin bukan mitos melainkan sebuah fakta yang ia bahkan mengaku alami sendiri. Perdebatan tersebut viral lantaran Eriska sampai bawa-bawa zodiak dalam perdebatan tersebut.

Lantas, bagaimana cara kompres yang benar untuk menurunkan demam?

Berikut penjelasannya dari para ahli kesehatan.

Mengompres demam menggunakan air hangat

Mengutip penjelasan Irene Anindyaputri dengan tinjauan dr. Andreas Wilson Setiawan yang dikutip dari laman Hello Sehat, kompres dingin bisa jadi malah memperparah demam.

Kompres dingin akan membuat tubuh mendeteksi perubahan suhu sebagai ancaman terhadap proses alami melawan infeksi yang dimiliki oleh tubuh. Sebab, tubuh memiliki reaksi alami yakni menaikan suhu untuk melawan infeksi bakteri maupun virus, ini adalah yang dinamakan dengan demam.

Saat tubuh dikenakan kompres dingin, tubuh justru akan menambah suhu demi melawan infeksi. Oleh sebabnya, demam akan semakin parah dan tubuh akan ikut menggigil.

Maka, sangat tidak direkomendasikan untuk mengompres tubuh dengan air dingin atau bahkan mandi menggunakan air bersuhu dingin saat demam.

Untuk mengurangi demam maka, pakailah air hangat yang tak terlalu mendidih untuk membasahi kain yang akan digunakan untuk kompres.

Penjelasan tersebut juga didukung oleh Dokter spesialis anak dr. Devi Kristiani, Sp.A.

“Kalau demam, yang betul adalah kompres air hangat karena pori-pori di permukaan kulit akan membuka dan pembuluh darah akan melebar mengeluarkan panasnya,” ujar dr. Devi dikutip dari suara.com (jaringan BantenNews.co.id)

Langkah-langkah mengompres demam dengan air hangat

Mengutip penjelasan Halodoc yang ditinjau oleh dr. Fadhli Rizal Makarim, berikut langkah-langkah untuk mengurangi suhu tubuh saat demam dengan air hangat.

Siapkan kain lembut dan baskom atau ember berisi air hangat,

Air hangat tersebut tak boleh bersuhu mendidih,

Rendam kain di air hangat dan lipat menjadi kompres,

Letakkan kain tersebut di sela-sela ketiak,

Ganti kain saat suhunya sudah dingin.

Selain dengan kompres, dr. Fadhli juga menganjurkan pemberian obat, istirahat yang cukup, dan memberikan makanan hangat seperti sup.

(Red)