Beranda Advertorial Ini Cara Dispora Banten Kikis Angka Pengangguran

Ini Cara Dispora Banten Kikis Angka Pengangguran

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Bina Perekonomian Provinsi Banten, M Syaukani.

SERANG – Dinas Olahraga dan Kepemudaan atau Dispora Banten berpartisipasi langsung dalam penanganan pengangguran. Diantara yang dilakukan Dispora Banten dalam menyelesaikan masalah pengangguran, dengan menggelar pelatihan kewirausahaan bagi anak muda.

Pelatihan kewirausahaan yang digelar Dispora Banten, diikuti kalangan pemuda yang berasal dari Kabupaten dan Kota Wilayah Banten.

Kepala Dispora Banten Ahmad Syaukani mengatakan, Provinsi Banten memiliki banyak potensi yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi angka pengangguran.

“Oleh karena itu salah satu yang dilakukan Provinsi Banten agar menurunkan angka pengangguran adalah melakukan pelatihan wirausaha pemuda berbasis kearifan lokal,” ujar Ahmad, Selasa 9 Mei 2023.

Hal itu disampaikan Ahmad usai menyampaikan sambutan dalam acara pelatihan kewirausahaan berbasis kearifan lokal tingkat Provinsi Banten tahun 2023.

Kegiatan yang mengusung tema ‘Pelatihan pemesanan online produk wirausaha muda’ itu, berlangsung di salah satu hotel di Kota Serang.

Lebih lanjut Ahmad meyakini, potensi di Provisni Banten jika dimanfaatkan menjadi peluang usaha berbasis kearifan lokal, bisa meningkatkan nilai kesejahteraan.

“Sehingga potensi potensi itu bila kita tangkap, bola kita manfaatkan pasti akan bermanfaat atau nilai tambah ekonomi bagi para pemuda. Salah satunya dengan memanfaatkan potensi kearifan lokal,” katanya.

Dengan demikian, tumbuhnya pemuda yang membuka usaha juga bakal terciptanya lapangan pekerjaan. Dengan demikian, jumlah pengangguran di Banten bisa berkurang.

“Hampi setiap tahun, kurang lebih kita melatih hampir 200 sampai 300 pemuda. Ada wirausaha yang sudah memiliki usaha, memiliki besik usaha, ada juga yang dari nol,” katanya.

Pemuda yang baru mendirikan usaha itulah juga menjadi sasaran Dispora Banten. Tujuannya, usah yang sedang dirintis bisa terus berkembang.”Kita menggugah mereka. Ini kan banyak yang daru nol juga, menggugah mereka, membuka wawasan agar meraka berani berusaha,” katanya.

Ahmad berharap, pemuda membuka diri untuk menjadi generasi bangsa yang siap membuka lapangan pekerjaan. Sehingga, ekonomi pemuda menjadi kuat.

“Harapannya dengan adanya kegiatan ini, pemuda di Provisni Banten bisa berdiri diatas kaki sendiri, meningkatkan ekonomi secara mandiri. Memanfaatkan potensi lokal yang ada. Kita tidak hanya menjadi konsumen tetapi kita juga bisa menjadi produsen menjual prodak,” harapnya.

Rudi Prihadi, Kabid Pengembangan dan Pemberdayaan Pemuda pada Dispora Banten menambahkan bahwa, kegiatan pelatihan kewirausahaan tersebut bagian dari Program Dispora Banten dalam mengatasi masalah Pengangguran di Banten.

“Ini ikhtiar kita dalam mengatasi penganggurannya yang masih tinggi. Kita mendorong pemuda untuk bisa membaca pulang usaha, tidak hanya peluang pekerjaan tidak melulu ingin menjadi PNS bekerja pabrik,” katanya.

Secara teknis dalam kegiatan kewirausahaan kal ini, Rudi menjelaskan salah satu tujuannya adalah mendorong pemuda untuk menjadi pengusaha berbasis teknologi.

“Pengusaha milenial berbasis teknologi. Seperti kita tau, diera teknologi ini, menjadi wirausaha itu mudah, bisa menggunakan alat komunikasi untuk berjualan, saat dirumah pun masih bisa berjualan dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Seperti memanfaatkan media sosial,” katanya.

Lantaran penting untuk kalangan milenial, Rudi memperluas sasaran pelatihan kewirausahaan bagi kalangan muda. Dengan demikian, juga akan dilakukan di Kabupaten dan Kota di Banten.

“Kegiatan ini tidak saja dilakukan di Kota Serang tetapi di delapan kabupaten dan kota. Kita akan laksanakan kegiatan yang sama,” tegasnya. (ADV)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniÂ