Beranda Kesehatan Ini Bahayanya Makanan yang Dimasak dengan Cara Digoreng

Ini Bahayanya Makanan yang Dimasak dengan Cara Digoreng

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Bicara soal kesehatan, makanan yang digoreng memang tidak dianjurkan. Bukan berarti tidak boleh dimakan sama sekali, tetapi ada baiknya dibatasi karena berlebihan makan gorengan ada risikonya.

Apa saja risikonya? Berikut di antaranya, dikutip dari detik.com.

1. Mengandung lemak trans

Pemanasan dengan suhu tinggi dan berulang dapat mengubah struktur minyak goreng menjadi lemak trans yang susah dipecah di dalam tubuh. Penumpukan lemak trans berhubungan dengan berbagai masalah kesehatan, mulai dari obesitas, diabetes, hingga serangan jantung.

2. Tinggi kalori

Jenis makanan yang sama akan mengandung lebih banyak kalori ketika digoreng, dibandingkan diolah dengan cara lain. Alasannya, proses penggorengan menurunkan kadar air dan membuat lemak terserap lebih banyak.

Sebagai perbandingan, 100 gram kentang panggang mengandung 93 kalori dan 0 gram lemak sedangkan kentang goreng dengan jumlah yang sama mengandung 319 kalori dan 17 gram lemak.

3. Bahaya acrylamide

Acrylamide merupakan senyawa toksik yang terbentuk selama proses memasak dengan temperatur tinggi, seperti digoreng dan dipanggang.

Bahan makanan yang mengandung pati seperti kentang, menghasilkan acrylamide lebih banyak. Beberapa penelitian mengaitkannya dengan risiko kanker.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini