Beranda Kesehatan Ini Bahaya Terlalu Sering Menahan Kencing, Awas Batu Ginjal

Ini Bahaya Terlalu Sering Menahan Kencing, Awas Batu Ginjal

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

SERANG – Sibuk bekerja atau terlalu fokus akan sesuatu seringkali membuat seseorang enggan untuk sekedar buang air kecil atau kencing. Jika hanya dilakukan sesekali, mungkin Anda tidak merasakan akibatnya. Namun, sering menahan kencing bisa menimbulkan komplikasi yang membahayakan kondisi tubuh Anda.

Sebelum dibuang, air kencing akan ditampung di kandung kemih yang memiliki kapasitas kurang lebih 500 ml. Jika memang sudah melebihi batas tersebut, tentu rasa kencing akan muncul secara alami. Itulah mengapa sebaiknya Anda segera membuangnya.

Dilansir dari suara.com (jaringan BantenNews.co.id), berikut 5 bahaya menahan kencing terlalu sering.

1. Menimbulkan rasa sakit

Saat sering menahan kencing, Anda mungkin merasakan sakit perut yang sebenarnya berasal dari kandung kemih atau ginjal. Rasa sakit ini bahkan mungkin akan bertahan ketika Anda sudah sampai kamar mandi dan bersiap untuk mengeluarkannya.

Sebagian otot-otot mungkin tetap mengepal setelah pengeluaran urin yang dapat menyebabkan kram panggul.

2. Infeksi saluran kemih

Dalam beberapa kasus, menahan kencing terlalu lama dapat menyebabkan bakteri berkembang biak hingga menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK). Risiko ini akan semakin tinggi jika Anda tidak memiliki cukup cairan di dalam tubuh karena kandung kemih tidak memberi tahu untuk cukup sering buang air kecil.

Gejala infeksi saluran kemih dapat dirasakan saat adanya rasa terbakar saat buang air kecil serta nyeri panggul.

3. Peregangan kandung kemih

Bahaya menahan buang air kecil selanjutnya adalah peregangan kandung kemih. Akibatnya, kandung kemih akan kesulitan atau bahkan tidak mungkin untuk berkontraksi dan mengeluarkan kencing secara normal.

Jika seseorang sampai memiliki kandung kemih yang beredar, mereka mungkin membutuhkan kateter.

4. Kerusakan otot dasar panggul

Sering menahan buang air kecil dapat membahayakan otot-otot dasar panggul, salah satunya sfingter uretra yang bertugas uretra tetap tertutup supaya urin tidak keluar dengan sendirinya. Kerusakan ini dapat membuat seseorang mudah mengompol.

Lakukan latihan dasar panggul seperti kegel supaya otot-otot panggul menjadi lebih kuat hingga mencegah pengenduran sampai kerusakan.

5. Batu ginjal

Bahaya menahan kencing yang cukup sering terjadi adalah terbentuknya batu ginjal, terutama bagi orang dengan riwayat sebagai penderita atau memiliki kandungan mineral tinggi dalam urinnya. Kencing ini sering mengandung mineral seperti asam urat dan kalsium oksalat.

Demikian informasi mengenai bahaya menahan kencing terlalu sering. Sempatkan untuk membuang air kecil dan ini tidak akan memakan waktu lebih dari lima menit.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini