Beranda Olahraga Ini Alasan Shin Tae-yong Ingin Latih Timnas Semua Kelompok Umur

Ini Alasan Shin Tae-yong Ingin Latih Timnas Semua Kelompok Umur

Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-Yong - foto istimewa detik.com

JAKARTA – Shin Tae-yong akhirnya buka suara kenapa dirinya sangat ngotot untuk tetap ingin melatih Timnas Indonesia di semua kelompok umur. Hal itu diungkapkan usai dirinya berhasil membawa skuad Garuda lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Sebelum itu, sempat beredar kabar bahwa Shin Tae-yong akan ditugaskan untuk fokus menangani Timnas U-19 proyeksi Piala Dunia U-20. Hasani Abdulgani selaku Anggota Exco PSSI mengakui hal itu. Menurutnya hanya ada 2 orang anggota Exco yang ingin Shin Tae-yong tetap melatih Timnas senior, selebihnya sepakat agar STY, sapaan akrabnya, fokus pada Timnas U-19 proyeksi Piala Dunia U-20.

Dilansir laman resmi PSSI, PSSI memutuskan Shin Tae-yong untuk memegang tim U-19, U-23, dan timnas senior. Keputusan itu diambil setelah Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berdiskusi dengan Exco PSSI dan pelatih asal Korea Selatan itu sepulang dari Kuwait.

“Sampai saat ini sih tidak ada masalah [keteteran]. Dengan begitu saya bisa menemukan sepak bola Indonesia,” kata Shin Tae-yong.

Mengenai kabar bahwa Shin Tae-yong merasa kelelahan karena memegang Timnas Indonesia di semua kelompok umur, justru menurut Shin Tae-yong itu bagus dan cara seperti itu harus dikembangkan lebih baik lagi.

“Saya memang merasa lelah, tapi bagus ya, mulai dari usia dini, U-20 dan senior. Sistem seperti ini harus dikembangkan lebih. Walaupun capek harus benahi,” imbuhnya.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut menjelaskan jika sisa kalender tahun ini di Timnas senior tidak memiliki agenda lain selain FIFA Matchday September mendatang.

“Sampai saat ini jadwal timnas senior ada FIFA Matchday di September, selain itu tidak ada,” kata Shin Tae-yong.

Kabar tersebut langsung mendapatkan respon positif dari para netizen Indonesia. Banyak yang mengatakan jika sikap Shin Tae-yong dan kepeduliannya terhadap spek bola tanah air, tak lepas dari masyarakat Indonesia yang menghargai keberadaannya di skuad Indonesia. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini