Beranda Nasional Ini 5 Calon Pimpinan KPK Hasil Voting DPR RI

Ini 5 Calon Pimpinan KPK Hasil Voting DPR RI

Ilustrasi - foto istimewa google.com

SERANG – Komisi III DPR RI telah menentukan sebanyak 5 calon pimpinan (capim) KPK setelah uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). Penentuan itu dilakukan melalui mekanisme pemungutan suara atau voting.

Setelah voting dilakukan, para anggota Komisi III itu memasukkan kertas suara ke dalam kotak yang sudah disediakan di tengah rapat. Lalu, proses penghitungan pun dimulai.

Berikut hasil voting di Komisi III DPR:

– Alexander Marwata 53 suara
– Firli Bahuri 56 suara
– Johanis Tanak 0 suara
– Luthfi Jayadi Kurniawan 7 suara
– Roby Arya Brata 0 suara
– Lili Pintauli Siregar 44 suara
– Nurul Ghufron 51 suara
– Sigit Danang Joyo 19 suara
– Nawawi Pomolango 50 suara
– I Nyoman Wara 0 suara

“Dengan ini terjaring lima, Nawawi, Lili Pintauli, Nurul Ghufron, Alexander Marwata, dan Firli Bahuri,” ujar Ketua Komisi III DPR yang memimpin rapat Azis Syamsuddin, Jumat (13/9/2019) dikutip dari detik.com.

Sebelumnya Azis mengabsen ada 56 anggota Komisi III DPR yang hadir. Mereka memilih dengan cara melingkari 5 dari daftar 10 nama yang tertulis di kertas yang dibagikan pimpinan rapat.

Para capim KPK yang dipilih DPR ini nantinya akan dibawa ke paripurna DPR. Setelahnya DPR akan menyurati Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melantik pimpinan KPK periode 2019-2023.

Proses seleksi capim KPK ini diwarnai kritik sejak Jokowi menentukan panitia seleksi (pansel) capim KPK pada Juli 2019. Setelahnya pansel capim KPK memproses para kandidat melalui berbagai macam tes.

Namun protes bermunculan dari aktivis antikorupsi lantaran menganggap pansel meloloskan capim KPK yang bermasalah. KPK sendiri pada detik-detik akhir sempat mengirimkan surat berisi rekam jejak capim KPK ke Komisi III DPR.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini