Beranda Sosial Ini 3 Daftar Bansos Cair Pada Mei 2023, Mulai Rp200 Ribu Sampai...

Ini 3 Daftar Bansos Cair Pada Mei 2023, Mulai Rp200 Ribu Sampai Rp3 Juta

Ilustrasi - foto istimewa

SERANG – Penerima bantuan sosial (Bansos) ada kabar gembira, pasalnya di bulan Mei 2023 ini beberapa bansos akan cair kembali. Pencairan bansos ini sebenarnya sudah dilakukan bulan April lalu dan kembali dilanjutkan pada Mei 2023 ini, salah satunya yaitu bansos makanan pokok berupa bantuan beras, ayam dan juga telur. Untuk lebih jelasnya, simak daftar bansos cair bulan Mei 2023 di bawah ini.

Diketahui, pemeritah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) kembali mencairkan beberapa jenis bansos, berupa Bansos PKH (Program Keluarga Harapan) dan juga Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau disebut bansos sembako. Adapun penyaluran bansos PHK dan sembako ini melalui PT Pos Indonesia (Persero) sesuai dengan target keluarga penerima manfaat (KPM).

Masyarakat yang sudah memiliki KIS dan KIB, kemungkinan Anda akan mendapatkan bansos yang dijadwalkan cair pada bulan Mei 2023. Jika melihat bansos yang cair pada bulan April 2023 kemarin, kemungkinan bansos yang cair bulan Mei juga berupa uang tunai dan bantuan sembako yang totalnya mencapai Rp700.000 per orang.

Sumber dana dari bansos tersebut yakni berasal dari anggaran belanja yang secara rutin dikeluarkan oleh pemerintah untuk sedikit meringankan beban masyarakat yang kurang mampu supaya mereka lebih berdaya. Oleh karena itu, masyarakat diimbau agar menggunakan bansos ini untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

3 Daftar Bansos Cair Bulan Mei 2023

Berikut adalah daftar bansos yang dijadwalkan cair di bulan Mei 2023:

1. Bansos Yatim Piatu (YAPI)

Bansos Yatim Piatu (YAPI) akan diberikan kepada 133.600 anak yatim piatu yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Nantinya penerima akan mendapatkan bantuan berupa uang tunja sebesar Rp200.000 perbulan.

Bantuan tersebut jika ditotal selama satu tahun maka jumlahnya mencapai Rp2.400.000. Tetapi bansos ini akan dibagi menjadi tiga tahap dan cair setiap triwulan. Cara mencarikannya pun terbagi menjadi dua macam yaitu melalui Himbara serta PT Pos Indonesia yang sering bekerjasama dengan pemerintah untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat.

2. Program Keluarga Harapan (PKH)

Sebanyak 10 juta keluarga, terdaftar sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH). Tak tanggung-tanggung, total dana yang diberikan kepada setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH ini setiap tahunnya mencapai Rp1.000.000 hingga Rp3.000.000.

Bantuan PKH ini cari setiap empat bulan sekali dengan nominal yang bervariasi, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

• BLT yang diberikan untuk siswa SD sederajat sebesar Rp225.000 per tahap

• BLT yang diberikan untuk siswa SMP sebesar Rp375.000 per tahap

• BLT yang diberikan untuk siswa SMA sebesar Rp500.000 per tahap

• BLT yang diberikan untuk lansia sebesar Rp600.000 per tahap

• BLT yang diberikan untuk penyandang disabilitas sebesar Rp600.000 per tahap

3. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Bantuan Pangan Non Tunai atau BNT diberikan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan gizi kepada setiap keluarga yang dirasa kurang mampu dalam mencukupi kebutuhan sehari-harinya.

Pemerintah memberikan bantuan dana dengan nominal Rp2.400.000 per tahunnya kepada setiap penerima bantuan BPNT yang berada di desil paling bawaj dalam data kemiskinan dari Kemensos.

(Red/suara.com)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini