Beranda Pilkada Serentak 2020 Ingin Transparan, Warga Tambak Serang Dirikan TPS di Atas Jembatan

Ingin Transparan, Warga Tambak Serang Dirikan TPS di Atas Jembatan

TPS di Desa Tambak dibangun di atas jembatan. (Wahyu/bantennews.co.id)

 

SERANG – Sejak dibuka pagi tadi, warga Kampung Pos Tambak, RT 01 RW 01, Desa Tambak, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang mulai berdatangan untuk memberikan hak pilihnya. Hari ini, Rabu 9 Desember 2020 merupakan momentum Pilkada di Kabupaten Serang yang mereka tunggu-tunggu.

Meski di tengah pandemi Covid-19, tak menyurutkan warga untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS). Apalagi TPS tersebut berada di atas jembatan yang kerap mereka lalui untuk keperluan aktivitas sehari-hari.

“Lokasi ini sengaja kami pilih karena kami anggap paling strategis di tengah padatnya penduduk lingkungan Kampung Pos Tambak,” ujar Egi Mandala Putra (25) berbincang santai dengan BantenNews.co.id, di sela tugas sebagai Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 01.

Selain lokasinya mudah dijangkau oleh warga yang tinggal di kanan kiri sungai, iya berharap proses pemungutan suara berjalan dengan transparan. “Kalau di sini kan bisa dilihat langsung oleh warga. Tidak tersembunyi di dalam gang atau pemukiman. Kita berharap ini salah satu upaya untuk lebih transparan,” ujar Egi.

Sebelumnya jembatan tersebut juga dijadikan sebagai tempat pemungutan suara pada momentum pemilihan presiden. “Dua kali Pilpres kami buka TPS di sini,” ujarnya.

Di TPS 01 Pos Tambak, Kibin, lanjut Egi terdapat 242 jiwa pilih. Dari jumlah tersebut, pada pukul 10.00 sudah 40 persen warga memberikan hak pilihnya.

Pantauan di lokasi proses pemilihan umum berjalan dengan menggunakan protokol kesehatan yang cukup ketat. Sebelum masuk TPS warga di cek suhu tubuh, diberikan sarung tangan plastik, dan ditetesi tinta pemilu. (You/Red)