Beranda Gaya Hidup Supaya Sukses? Lakukan Hal Ini Sebelum Tidur

Supaya Sukses? Lakukan Hal Ini Sebelum Tidur

357
0
Ilustrasi - foto istimewa hellosehat.com

Kesuksesan ternyata tidak hanya kita raih dengan melakukan hal-hal besar aja. Tapi, beberapa hal kecil ternyata juga bisa mendongkrak karier kita lho. Contohnya seperti apa aja yang kamu lakukan malam hari sebelum tidur.

Tahu gak sih kalau malam harimu ternyata juga bisa membantu kamu menjadi orang sukses.

Bekerja seharian tentunya bakal bikin kita penat dan jenuh, bahkan sampai stres. Atau kalau misalnya ada pekerjaan di siang hari yang belum berhasil kamu selesaikan, pasti bakal ganggu waktu istirahat kamu.

Kalau istirahat kamu gak nyaman, dijamin besok harinya ketika kamu bekerja, kamu tidak akan seproduktif hari-hari biasanya.

Begitu pentingnya kan ternyata malam harimu? Nah, buat kamu-kamu yang mau menggapai sukses di keesokan harinya, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan dari sepulang bekerja hingga sebelum tidur. Simak selengkapnya berikut ini seperti dikutip dari Businessinsider.

1. Hentikan pekerjaan

Kalau kamu sudah meninggalkan kantor dan kembali ke rumah, segera hentikan segalanya yang berkaitan dengan pekerjaanmu. Hal-hal kecil seperti membisukan notifikasi email kantor, mematikan laptop, dan tidak menanggapi telepon dari kantor, tidak ada salahnya lho kamu lakukan.

Karena ketika jam kerjamu usai dan telah meninggalkan kantor, maka kamu sudah tidak lagi diwajibkan untuk bekerja. Jadi ya kalau ada telepon panggilan berdering dari kantormu lebih baik diamkan saja.

Daripada kamu menghabiskan malam harinya untuk mengerjakan pekerjaan untuk esok harinya, lebih baik kamu menyimpan energimu dan memaksimalkannya di esok hari.

Meskipun ada banyak orang sukses di luar sana yang bekerja hingga larut malam, tapi ada juga orang sukses yang memaksimalkan malam harinya untuk istirahat sepenuhnya.

2. Rencanakan hari esokmu

Orang sukses memang gak bisa lepas dari namanya perencanaan, entah jangka panjang atau jangka pendek, semua pasti diukur dengan perencanaan yang matang. Nah ini bisa juga kamu ikutin, misalnya  dengan memikirkan rencana untuk hari esok.

Gak perlu lama-lama, luangkan waktumu sedikit misalnya di bus ketika perjalanan pulang dari kantor, pikirkan dan kalau perlu dicatat hal apa saja yang ingin kamu kerjakan besok. Jadi, ketika kamu sudah tiba di kantor esok paginya, gak perlu lagi deh mikir-mikir.

Dengan begini kamu akan menjadi orang sukses dalam mengerjakan pekerjaan besok harinya.

3. Memaafkan

Beberapa dari kamu pasti pernah dong merasa kesal selama menjalani aktivitas pekerjaan di kantor, entah itu kesal dengan bos, rekan kerjaan, atau bahkan dengan kerjaanmu sendiri yang gak kelar-kelar.

Nah di malam hari ada baiknya kamu maafkan segala kekesalan itu, ikhlaskan apa yang terjadi hari ini. Jernihkan pikiranmu dan lakukan evaluasi kekesalanmu itu besok harinya.

Jangan malah hal itu mengganggu waktu malam harimu. Waktunya istirahat masa malah menimbun kekesalan sih, gimana mau jadi orang sukses besoknya…

4. Jangan lupakan waktu untuk keluarga dan teman

Manfaatkan waktu malam harimu, ketika pulang kantor dan tiba di rumah untuk berinteraksi dengan orang-orang yang kamu sayangi. Nikmati deh malam harimu bersama mereka. Jangan sampai rumah langsung masuk kamar terus tidur.

Luangkan sejenak waktu malam harimu untuk bercengkerama dengan mereka. Melakukan hal ini rutin selama seminggu, lumayan membantumu buat menciptakan keseimbangan hidup.

Cara ini juga sangat baik untuk mengalihkan pikiranmu dari hal-hal terkait pekerjaan atau yang menjengkelkan seharian.

5. Menghilanglah dari sosial media

Percayalah dunia internet atau media sosial tidak ada habis-habisnya kalau diikuti. Media sosial tersedia untuk siapa saja selama 24 jam. Kamu pasti bakalan menemukan hal-hal baru di Instagram, Facebook, Twitter, ataupun aplikasi berita setiap jamnya, yang seolah sudah melekat denganmu kemanapun kamu pergi.

Nah, kalau pengin menjadi orang sukses bahkan lebih sukses lagi, sangat penting lho untuk meninggalkan segalanya di malam hari atau waktu istirahat kamu. Memang sulit, tapi cobalah untuk melakukannya. Orang sukses selalu tahu kapan harus berhenti menggunakan teknologi.

Satu jam sebelum tidur atau bahkan lebih awal lagi dari itu jadi waktu ideal buat meninggalkan media sosial. Karena tugas kamu malam harinya hanya satu, istirahat, redupkan lampu demi tidur yang lebih berkualitas.

6. Berpikir positif

Tak sedikit lho orang yang menderita stres dan merasa cemas saat malam hari tiba. Rata-rata kecemasan itu berasal dari hal yang kurang memuaskan di jam-jam kerja. Kecemasan di malam hari ini sudah pasti sangat mengganggu waktu tidur kamu.

Kalau kamu mau menjadi orang sukses, cobalah berpikir lebih positif di malam harinya. Caranya mudah kok, gak susah-susah banget buat dicontoh.

Misalnya, pikirkan apa yang bikin kamu senang, apa yang berhasil kamu capai belakangan ini. Bisa juga, pikirkan hal-hal yang kamu nantikan di hari berikutnya, misal berjumpa dengan teman lama di akhir pekan.

7. Prioritaskan tidur

Dari tips-tips di atas, semuanya memiliki satu tujuan yaitu mendapatkan kualitas tidur yang baik. Jadi utamakanlah tidur di atas segalanya, tidur cukup selama 8 jam dengan pencahayaan redup.

Karena tidur memiliki manfaat yang luar biasa buat bikin kamu jadi orang sukses besoknya. Tidur mampu merestorasi tenaga kita juga pikiran. Nah, hal ini bikin kamu siap menjalani esok hari dengan lebih fresh dan produktif.

Itulah tadi tips untuk menjadi orang sukses di keesokan hari. Bahkan, jika kamu terapkan setiap hari, kamu bakalan menjadi orang sukses pake banget di masa depan.

Ingat, pekerjaan tidak akan ada habis-habisnya jika kamu ikutin terus seharian. Cara ampuh untuk menyudahinya ya sehabis pulang kantor tinggalkan segalanya. Manfaatkan waktu malammu untuk merefresh hari-hari penatmu agar menjadi orang sukses besok.(Red)

Sumber : Money Smart