Beranda Internasional Inggris Berduka, Ratu Elizabeth II Tutup Usia

Inggris Berduka, Ratu Elizabeth II Tutup Usia

Ratu Elizabeth II merupakan penguasa Inggris terlama. Ia menjadi Ratu Inggris selama 70 tahun, demikian dilansir dari BBC ((IG @theroyalfamily))

INGGRIS – Kabar duka datang Kerajaan Inggris yang dikenal sebagai moyangnya bangsa Eropa.

Queen of England atau Ratu Elizabeth II, pemimpin Kerajaan Inggris, wafat pada Kamis (8/9/2022) di Kastel Balmoral, Skotlandia atau Jumat dini hari waktu Indonesia. Ratu Elizabeth meninggal dunia pada usia 96 tahun.

Ratu Elizabeth II merupakan penguasa Inggris terlama. Ia menjadi Ratu Inggris selama 70 tahun, demikian dilansir dari BBC.

“Sang Ratu telah wafat dengan tenang di Balmoral pada malam ini,” demikian diumumkan Kerajaan Inggris.

Sebelumnya diwartakan bahwa keluarga sang ratu, termasuk anak-anak dan cucunya telah berkumpul di Balmoral setelah para dokter kerajaan mengumumkan kondisi kesehatannya yang terus menurun.

Ratu Elizabeht berkuasa di Inggris sejak 1952. Setelah wafat, maka anak sulungnya, Pangeran Charles yang akan naik takhta sebagai Raja Inggris.

Kondisi kesehatan terus menurun

Sepert yang diwartakan sebelumnya, pada Kamis sore dokter kerajaan mengumumkan bahwa kesehatan Ratu Elizabeth terus menurun drastis dan merekomendasikan agar ia terus diawasi oleh tenaga medis.

Sejak Juli kemarin Elizabeth telah menetap di Kastel Balmoral di Skotlandia. Di sana ia beristirahat untuk alasan kesehatan. Ia sudah mengalami penurunan kesehatan sejak akhir tahun lalu.

Sejak 2021 Ratu Inggris itu sudah jarang muncul di hadapan publik. Pada Rabu kemarin ia juga membatalkan pertemuan dengan beberapa menteri senior, karena diminta beristirahat oleh dokter.

Ia juga resmi menunjuk Liz Truss sebagai Perdana Menteri Inggris yang baru pada Selasa di Balmoral. Padahal sepanjang 70 tahun berkuasa, Elizabeth biasanya menunjuk perdana menteri di London. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini