Beranda Olahraga Indonesia Versus Yordania Malam Nanti Akan Uji Keunggulan Taktik Tim

Indonesia Versus Yordania Malam Nanti Akan Uji Keunggulan Taktik Tim

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong - Foto istimewa detik.com

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Timnas Yordania pada ajang Piala Asia U-23 malam nanti. Pertandingan akan berlangsung Minggu (21/4/2024) pukul 22:30 WIB di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa, Qatar.

Timnas Indonesia U-23 tinggal membutuhkan hasil imbang melawan Yordania untuk bisa lolos ke fase selanjutnya. Meski hanya membutuhkan hasil imbang, Marselino Ferdinan dkk wajib waspada. Yordania diprediksi akan ngotot merebut kemenangan dari Garuda Muda untuk lolos ke perempatfinal.

Pertandingan akan menguji taktik kedua pelatih yakni Shin Tae-yong dan Abdullah Abu Zema. Keduanya akan membuktikan siapa lebih unggul dalam mengelola tim di atas rumput hijau.

Jika menilik dari data statistik, laga nanti malam jadi pertemuan pertama antara Shin Tae-yong vs Abdullah Abu Zema. Kedua pelatih juga memiliki formasi yang berbeda.

STY kerap menurunkan formasi 3-4-3, sementara Zema lebih sering menurunkan formasi 4-2-3-1 saat melatih Yordania U-23.

Abu Zema bukan lawan yang bisa dipandang sebelah mata oleh Shin Tae-yong. Zema telah melatih Yordania U-23 sejak 2022. Dikutip dari data Transfermarkt, Zema telah melakoni 19 pertandingan bersama Yordania U-23.

Dari 19 pertandingan itu, Zema memberikan 11 kemenangan, 4 laga meraih hasil imbang dan 4 laga mengalami kekalahan. Dari presentase gol, Yordania U-23 selama dilatih Zema telah mencetak 42 gol dan kemasukan 23 gol dari 19 pertandingan.

Zema juga dalam catatan kariernya belum pernah melawan pelatih asal Korsel atau pelatih dari Asia Timur. Namun ia tercatat pernah melawan pelatih Vietnam U-20 Anh Tuan Hoang dan pelatih Thailand Kiatisuk Senamuang.

Di laga melawan Anh Tuan Hoang, Zema membawa kemenangan 4-3 untuk Yordania pada 10 April 2024. Sementara saat melawan Kiatisuk, Zema harus telan pil pahit karena Yordania kalah 0-2 dari Thailand pada 5 Juni 2016.

Yang tak kalah menarik dari catatan Zema ialah ia dua kali melawan pelatih Barcelona, Xavi. Pertemuan Zema melawan Xavi terjadi di Liga Champions Asia.

Pada 2021, Zema yang melatih Al-Wehdat SC bertemu Al Sadd SC yang ditukangi Xavi. Sayang dari dua pertemuan itu, Zema harus akui keunggulan taktik dari Xavi. Al-wehdat SC kalah dua kali dari Al Sadd SC.

Beralih ke Shin Tae-yong, dari data statistik, pelatih Korsel ini mempersembahkan 9 kemenangan untuk Timnas Indonesia U-23 dari 16 laga. 7 laga lainnya kalah dan tanpa pernah meraih hasil imbang.

Statistik gol Timnas Indonesia U-23 dibawah asuhan STY juga terbilang cukup produktif. Dari 16 laga, Timnas Indonesia U-23 mencetak 39 gol dan hanya kebobolan 24 gol.

Jika dibandingkan dengan Zema, STY terbilang cukup kenyang pengalaman. Pelatih kelas dunia pernah dihadapi oleh STY. Jika Zema pernah melawan Xavi, STY head to head dengan pelatih sekaliber Joachim Low, Marcello Lippi, Rafael Benitez hingga Lionel Scaloni.

Yang menarik, kedua pelatih ternyata sama-sama pernah menghadapi pelatih Vietnam Anh Tuan Hoang. Jika Zema mengantarkan kemenangan untuk Yordania, STY sebaliknya.

Pada final Piala AFC U-23 pada 26 Agustus 2023, Timnas Indonesia U-23 kalah 6-5 dari Vietnam yang dilatih oleh Anh Tuan Hoang. (Suara.com)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News