Beranda Internasional Indonesia Beli 42 Pesawat Tempur Rafale

Indonesia Beli 42 Pesawat Tempur Rafale

Menhan RI, Prabowo Subianto memimpin upacara ziarah memperingati Hari Bakti Taruna ke-76, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna, Kota Tangerang - foto istimewa

JAKARTA – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto telah meneken akuisisi 42 pesawat tempur Rafale buatan Pancis, Kamis (10/02/2022).

Prabowo juga telah menandatangani kontrak pertama untuk enam unit pesawat tersebut dengan Menteri Angkatan Bersenjata Prancis Florence Parly yang sedang melakukan kunjungan kehormatan ke Jakarta.

Terkait kesepakatan pembelian pesawat tempur tersebut, Duta Besar Prancis untuk Indonesia Olivier Chambard mengatakan kesepakatan pembelian pesawat tempur Rafale buatan Prancis oleh Indonesia mencerminkan komitmen kedua negara terhadap stabilitas di kawasan Indo-Pasifik.

Ia menekankan kerja sama tersebut bukan hanya soal perjanjian komersial kegiatan penjualan alat militer semata. Lebih dari itu, kerja sama tersebut mencerminkan keinginan kedua negara untuk bekerja sama menuju kawasan Indo-Pasifik yang stabil.

“Di tengah waktu yang diwarnai ketegangan dan ancaman ketidakstabilan,” kata Duta Besar Chambard, seperti dikutip Suara.com (jaringan BantenNews.co.id) dari Antara, Jumat (11/02/2022).

Selain itu, dia mengatakan bahwa pembelian Rafale semakin memperkuat strategi otonomi Indonesia sebagai negara terbesar di Asia Tenggara dan salah satu mitra penting Prancis.

“Kami tidak menjalin kerja sama semacam ini dengan semua negara di dunia. Kerja sama, di mana terdapat pertukaran pendapat dan penjualan alat militer di tingkat yang sangat tinggi, hanya dilakukan dengan negara-negara yang kami rasa memiliki peran penting untuk perdamaian dan stabilitas di kawasan,” ujarnya.

Dia menegaskan bahwa kontrak pembelian pesawat tempur Rafale Prancis oleh Indonesia mencerminkan bahwa kedua negara memiliki visi yang sama.

Prancis sendiri menganggap Indo-Pasifik sebagai salah satu kawasan terpenting di dunia untuk pertumbuhan ekonomi, transportasi, konektivitas, dan ekonomi maritim, serta upaya melawan perubahan iklim.

Chambard mengatakan bahwa Prancis dan Indonesia memiliki visi yang sama terkait penjagaan perdamaian di Indo-Pasifik, yang tercermin dalam kesepakatan pembelian jet tempur Rafale. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini