Beranda Pemerintahan Indisipliner, Puluhan ASN Pemkab Pandeglang Terancam Dipecat

Indisipliner, Puluhan ASN Pemkab Pandeglang Terancam Dipecat

Inspektur Inspektorat Pandeglang Ali Fahmi Sumanta saat memberikan keterangan pada wartawan.

PANDEGLANG – Inspektorat Kabupaten Pandeglang menerima banyak aduan terkait indisipliner Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang. Setelah ditindaklanjuti, beberapa diantaranya dinyatakan terbukti melanggar aturan terkait disiplin pegawai dan terancam dipecat.

Inspektur Inspektorat Kabupaten Pandeglang, Ali Fahmi Sumanta mengatakan, rekomendasi hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh pihaknya sudah diserahkan ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pandeglang.

“Puluhan ASN yang indisipliner terancam dipecat. Hal itu sudah sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin ASN,” kata Fahmi, Senin (4/4/2022).

Ia membeberkan, sesuai peraturan pemerintah nomor 53 tahun 2010 disebutkan bahwa jika selama 46 hari ASN tidak masuk kerja akan mendapatkan sanksi berupa
pemberhentian.

Padahal kata Fahmi, sebelum adanya rekomendasi dari Inspektorat yang bersangkutan sudah diperingatkan agar tidak mengulangi kesalahan mereka namun masih saja membandel.

“Untuk pengambilan keputusan ini perlu dilakukan rapat bersama. Kalau secara prosedur sudah kita proses. Kalau diberi peringatan sudah tapi masih bandel maka akan ditindak tegas. Sesuai aturan indisipliner,” terangnya.

Ketika ditanya, ASN yang indisipliner dari OPD mana, Ali Fahmi mengaku, belum bisa menyampaikan karena memang masih dalam proses pemeriksaan lebih lanjut.

“Kalau laporan dari OPD yang bersangkutan enggak masuk-masuk kerja. Sudah kita tindaklanjuti tinggal menunggu keputusan untuk sanksinya saja,” katanya.

Sanksi yang diberikan disesuaikan dengan pelanggarannya. Kalau ringan bisa dijatuhkan sanksi penundaan pangkat selama tiga tahun. “Kalau berat ya dipecat. Tentu kita akan mengambil tindakan tegas untuk efek jera,” tutupnya.

(Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini