Beranda Advertorial Untirta Targetkan Peringkat 15 Pengelolaan Data IKU

Untirta Targetkan Peringkat 15 Pengelolaan Data IKU

SERANG – Tim Indikator Kinerja Utama (IKU) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melaksanakan kegiatan sinkronisasi pengelolaan data IKU 2 dan 7 di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) melalui laman feed.untirta.ac.id.

Kegiatan berlangsung di Qubika Hotel Tangerang. Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Rektor 1, Kepala BAKP, Sekretaris dan tim IKU Untirta, para Wakil Dekan 1, para Ketua Prodi, Kepala Pusdainfo, Koordinator, Sub Koordinator dan staf terkait Kamis (13/7/23).

Wakil Rektor 1 Untirta Agus Sjafari menyampaikan bahwa kegiatan ini bermaksud untuk menyamakan persepsi dan membuat strategi untuk meningkatkan kinerja akademik.

Ia menjelaskan bahwa dalam kesempatan ini juga kita akan berdiskusi terkait proses bisnis bidang akademik yaitu mekanisme pengelolaan akademik mulai dari PMB sampai dengan wisuda.

“Khusus terkait peringkat IKU, kami masih menunggu dari pusat untuk pemeringkatannya,” ucap Agus.

Ia juga menambahkan bahwa ada perkembangan pengelolaan IKU dari 23 ke 17 tapi itu belum final, masih dinamis. “Semoga target tahun ini Untirta mendapatkan peringkat IKU ke-15 di PTN BLU”, ujarnya.

Selain itu, ia menjelaskan bahwa data IKU secara umum ada peningkatan. Bagaimana strategi dan kebijakan prodi, fakultas dan pasca sarjana, IKU 1,2 dan 8 khususnya yang harus lebih ditingkatkan.

“MBKM perlu ada program yang masiv dari seluruh pengelola prodi, fakultas dan Universitas seperti program KKM, Membangun desa, menjadi salah satu cara untuk mendongrak IKU Untirta”, imbuhnya.

Kepala BAKP Tb. Bahtera Rohimudin, M.Si menjelaskan tentang analisa capaian IKU dari IKU 1 sampai 8. “Kami berharap, seluruh sivitas akademika terus bersemangat dalam meningkatkan IKU”, ujarnya. Ia juga menjelaskan bahwa IKU harus terus digelorakan, dengan berkumpulnya seluruh ketua prodi di acaran ini, kami sangat berharap kita samakan persepsi dalam upaya meningkatkan IKU Untirta.

M. Adha Ilhami selaku sekretaris IKU menyampaikan bahwa pekerjaan rumah terbesar Untirta ada di IKU 1.

Ia mengatakan bahwa secara umum capaian IKU Untirta mengingkat, namun kita juga harus mengkaji kekurangan pengelolaan data IKU di Untirta sebagai bahan evaluasi. “Kami selaku pengelola IKU Untirta dengan kegiatan ini bermaksud untuk menggali informasi dari seluruh prodi sebagai upaya meningkatkan IKU Untirta”, pungkasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 13-15 Juli 2023. (Adv)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini