Beranda Kesehatan Ilmuwan Inggris Temukan Dexamethasone Sebagai Obat Corona

Ilmuwan Inggris Temukan Dexamethasone Sebagai Obat Corona

Foto: farmasetika.com

SERANG – Warga dunia menyambut gembira penemuan obat untuk pasien serius virus Covid-19. Siapa sangka, obat tersebut merupakan obat murah yang tersedia luas di masyarakat.

Adalah Dexamethasone yang disebut oleh tim ilmuwan sebagai terobosan dalam mengobati pasien Covid-19 yang kondisinya serius. Steroid anti inflamasi tersebut terbukti secara drastis meningkatkan peluang sembuh pasien yang memerlukan bantuan ventilator atau oksigen.

Risiko kematian bagi pasien dengan bantuan ventilator terbukti berkurang sepertiga dan seperlima. Salah satu penelitinya Profesor Martin Landre seperti dikutip dari BBC menyatakan bahwa hasil uji coba itu di luar perkiraan.

“Hasilnya di luar perkiraan. Itu lebih dari yang kami harapkan untuk menemukan hasil yang begitu jelas pada pasien-pasien yang kondisinya sudah serius, yang dapat menyelamatkan nyawa dan obat itu ada di tangan kita. Obat yang tersedia luas dan harganya sangat terjangkau,” kata Martin dilansir dari BBC Indonesia, Rabu (17/6/2020).

Tim dari Universitas Oxford yang memimpin penelitian tersebut mengatakan steroid mencegah sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan terhadap serangan virus Corona. (You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniÂ