Beranda Hukum ICW dan Banten Bersih Buka Sekolah Antikorupsi

ICW dan Banten Bersih Buka Sekolah Antikorupsi

SERANG – Indonesia Corruption Watch (ICW) dan Banten Bersih bakal segera membuka Sekolah Antikorupsi (Sakti) di Banten.

Nisa Rizkia, aktivis ICW mengatakan bahwa program Sakti secara nasional telah dilakukan ICW sejak 2013. Dikatakan, program ini sebagai salah satu upaya membangun jejaring masyarakat sipil untuk bersama-sama melawan korupsi. “Program Sakti ini bisa diikuti oleh siapa saja. Silakan mendaftar dan mengikuti seleksi,” ujarnya saat Diskusi dan Sosialisasi Sekolah Antikorupsi, di Kota Serang, Jumat (28/5/2021).

Dikatakan, masyarakat harus ikut bersama-sama melawan korupsi karena pada hakikatnya seluruh masyarakat merupakan korban dari korupsi.

“Ini saatnya kita bagian dalam gerakan melawan korupsi sebagai kekuatan masyarakat sipil. Kita bisa lakukan dengan berbagai cara dengan kemampuan kita masing-masing,” ujarnya.

Adam Alfian, juru bicara Banten Bersih mengatakan bahwa pihaknya sudah beberapa kali menggelar pendidikan antikorupsi melalui program Sakti bersama ICW. “Kita pernah menggelar Sakti untuk pelajar, mahasiswa, dan guru. Untuk kali ini akan difokuskan untuk jurnalis dan masyarakat sipil,” ungkapnya.

Adam menyatakan bahwa program Sakti ini untuk memberikan pendidikan antikorupsi dan membangun jejaring gerakan antikorupsi seluruh elemen masyarakat. “Upaya melawan korupsi harus dibangun melalui gerakan bersama. Kita akan segera sampaikan syarat dan ketentuan untuk mengikuti program Sakti tahun ini,” ujarnya. (Ink/Red)