Beranda Pemerintahan ICM Dinilai Kunci Keberhasilan Praktik Restorasi Ekosistem  

ICM Dinilai Kunci Keberhasilan Praktik Restorasi Ekosistem  

Acara Kemitraan dalam Pengelolaan Lingkungan Pesisir di Asia Timur (PEMSEA) Network of Local Governments (PNLG) Forum dan Integrated Coastal Management (ICM) 2022 di Atria Hotel Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Kamis (27/10/2022) - Foto istimewa

TANGERANG – Deputy Secretary General PNLG Secretariat Vice President PEMSEA Network of Learning Centers and Deputy Director Coastal and Ocean Management Institute Xiamen University Prof. Dr. Fang Qinhua berpendapat praktik dan peningkatan Integrated Coastal Management (ICM) membuat pengambilan keputusan pemerintah daerah lebih terintegrasi. Hal tersebut berkaca dari hasil implementasi berkelanjutan ICM di Xiamen, Tiongkok.

“Menurut saya ini merupakan kunci keberhasilan praktik restorasi ekosistem,” ucap Qinhua dalam acara Kemitraan dalam Pengelolaan Lingkungan Pesisir di Asia Timur (PEMSEA) Network of Local Governments (PNLG) Forum dan Integrated Coastal Management (ICM) 2022 di Atria Hotel Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Kamis (27/10/2022).

Implementasi ICM di Xiamen saat ini sudah sampai ke daerah aliran sungai dan kota tetangga. Praktik ICM di Xiamen merupakan proses adaptif dan memadukan konsep integrasi dengan konteks lokal dan kebijakan nasional untuk kepentingan ekologis.

Secara internasional, ia mengungkapkan prinsip ekologis yang salah satunya diterapkan ICM, telah diadopsi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) serta banyak organisasi internasional lainnya. Dengan demikian praktik tersebut sebenarnya sudah menjadi salah satu fokus dunia.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini