Beranda Pemerintahan HUT Korpri, Bupati Serang: Pelayanan untuk Masyarakat Lebih Dekat

HUT Korpri, Bupati Serang: Pelayanan untuk Masyarakat Lebih Dekat

KAB. SERANG – Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengingatkan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk terus berkomitmen dalam memberikan pendekatan pelayanan kepada masyarakat. Hal itu disampaikannya pada upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-51 di halaman Pendopo Bupati Serang, Selasa (29/11/2022).

Pendekatan pelayanan tersebut merupakan salah satu kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang untuk lebih sigap memberikan pelayanan kepada masyarakat di era digitalisasi.

Salah satu contoh untuk mendekatkan pelayanan administrasi kependudukan, Pemkab Serang mendirikan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di tingkat kecamatan. Kemudian tahun depan, akan dibangun Mall Pelayanan Publik (MPP) di Kecamatan Cikande.

“Seperti di Disdukcapil, kita sudah punya UPT di kecamatan, jadi masyarakat tidak harus ke kantor Dukcapil, kemudian juga tahun depan kita akan membentuk MPP, jadi semua pelayanan terpusat di situ,” ujar Tatu kepada awak media, Selasa (29/11/2022).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Serang membacakan pidato Presiden Joko Widodo terkait pesan-pesan untuk para pegawai Republik Indonesia. Di antaranya, soal peningkatan kinerja, pelayanan kepada masyarakat, hingga digitalisasi birokrasi.

Kemudian, terkait pembenahan sistem birokrasi, saat ini pihaknya telah menerapkan sistem digitalisasi secara bertahap. Digitalisasi ini sejalan dengan Sistem Pelayanan Berbasiswa Elektronik (SPBE) yang dijalankan oleh Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistis (Dikominfosatik).

“Kita terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Diskominfo membuat sistem pemerintahan berbasis elektronik untuk dijadikan motor penggerak baru dalam pembangunan,” kata Tatu.

Sementara itu, Ketua Korpri Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri mengatakan, melalui HUT Korpri ini pihaknya mengajak kepada seluruh pegawai untuk meningkatkan kinerjanya.

“Kita sebagai pemersatu bangsa, sebagai abdi negara, harus melaksanakan tugas sesuai dengan kode etik,” pungkas Entus.

Dalam peringatan HUT Korpri, Pemkab Serang turut mengundang penceramah kondang Ustad Adi Hidayat (UAH) untuk memberikan tausyiah kepada para pegawai agar memantapkan peran dan fungsinya sebagai abdi negara. (Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini