Beranda Peristiwa Hujan Disertai Angin Kencang Hancurkan Belasan Rumah dan Bangunan Kantor

Hujan Disertai Angin Kencang Hancurkan Belasan Rumah dan Bangunan Kantor

Pohon tumbang timpa Kantor Kecamatan Karangtanjung Pandeglang.

PANDEGLANG – Hujan yang terjadi sekitar pukul 14.30 WIB membuat sejumlah bangunan rumah dan beberapa kantor yang ada di Kabupaten Pandeglang hancur akibat tertimpa pohon. Selain menghancurkan bangunan, 1 warga dikabarkan meninggal dunia usai tertimpa bagian pohon tumbang.

Selain menimpa rumah dan bangunan kantor, 1 warga atas nama Nazza (5) yang tinggal di Komplek Karang Indah, Kelurahan Kadumerak, Kecamatan Karangtanjung, Kabupaten Pandeglang meninggal dunia usai pohon tumbang menimpa rumahnya.

Pada saat kejadian, korban bersama dengan seorang pengasuh sedang berada di dalam rumah. Hujan disertai angin kencang dan petir membuat Pohon Pete yang berada tidak jauh dari rumah tersebut tumbang dan menimpa bangunan rumah.

Nahasnya, bangunan rumah yang tertimpa pohon kembali menimpa korban dan pengasuhnya. Korban meninggal dunia usai kepalanya tertimpa plafon rumah, sedangkan sang pengasuh hanya mengalami luka ringan.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran, Endan Permana mengatakan, pihaknya masih melakukan pendataan dan evakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah warga.

“Infomasinya dari anggota ada yang meninggal juga seorang anak tertimpa bangunan rumah. Saya masih penanganan di tempat lain,” kata Endan, Kamis (26/10/2023).

Ia melanjutkan, berdasarkan laporan anggota yang berada di lapangan, pohon tumbang juga menimpa seorang warga atas nama Rukman (71) warga Pasir Karo, Kelurahan Pagadungan, Kecamatan Karang Tanjung, Pandeglang.

“Tadi ada laporan juga 1 warga meninggal dunia tertimpa pohon kelapa. Saat itu warga yang sedang berteduh di sebuah gubuk meninggal dunia setelah pohon kelapa menimpa gunung tempat bapak tadi berteduh,” terangnya.

Berdasarkan data yang dimiliki BPBDPK Kabupaten Pandeglang, pohon tumbang menimpa Kantor Kecamatan Karangtanjung, Kantor Korwil Pendidikan Kecamatan Koroncong, rumah warga di Kampung Cilogang, Desa Sertajasa Kecamatan Koroncong.

Lanjut, rumah warga di Komplek Bugenvil Karangtanjung , Kabupaten Pandeglang, rumah warga di Kampung Sampora Kelurahan Cigadung Kecamatan Karangtanjung, rumah warga di Perumahan Greenvaley Blok F Kampung Beunying, Kelurahan Cilaja, Kecamatan Majasari, Rumah jompo milik Dinas Sosial, rumah warga Komplek Karang.

Pohon tumbang juga menimpa rumah warga di Kampung Dalamaki Kelurahan Juhut rumah warga di Kampung Ambuleit, Kelurahan Cigadung, Kecamatan Karangtanjung, dan rumah warga di Kampung Mauk Mangkubumi Kelurahan Pandeglang, Kecamatan Pandeglang.

Selain menimpa rumah warga, pohon tumbang juga terjadi di Jalur Lintas AMD Timur dan di jalan Kadu Pereng Kelurahan Cigadung Kecamtan Karangtanjung yang menyebabkan arus lalulintas sedikit tersendat.

Terpisah, Camat Karangtanjung, Endin Haerudin mengatakan, saat ini pihaknya bersama lurah-lurah sedang melakukan pendataan bangunan dan warga yang tertimpa pohon tumbang.

“Belum terhitung. Ini juga masih pendataan bersama para lurah. Yang utama itu Kantor Kecamatan, Kantor Disperindag, dan beberapa rumah warga. Warga juga ada yang meninggal, lurah-lurah lagi bergerak di lapangan,” tambahnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniÂ