Beranda Peristiwa Hujan di Banten Diprediksi Mulai Oktober

Hujan di Banten Diprediksi Mulai Oktober

(Sumber foto: tribunnews.com)

TANGERANG – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim kemarau di Banten berakhir di Sepetember 2019. Selanjutnya, musim hujan di Banten diperkirakan Oktober 2019.

“(Hujan) diprediksi Oktober. Musim kemarau di daerah Provinsi Banten bakal segera berakhir,” ujar Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Tangerang Selatan (Tangsel) Sutiyono, Kamis, 26 September 2019.

Sutiyono mengatakan indeks kekeringan triwulan periode Juli hingga September 2019 menunjukan kemarau berada pada kategori normal.





“Kecuali di bagian barat dan tengah Serang, Pandeglang, selatan Pandeglang dan utara hingga selatan Tangerang berada pada kategori agak kering sampai sangat kering,” jelasnya.

Sutiyono menambahkan indeks kekeringan pada Oktober didasarkan atas data September. “Produknya indeks kekeringan Agustus hingga Oktober 2019,” katanya.

Sutiyono mengimbau ketika memasuki musim hujan nanti, masyarakat tetap waspada. Sebab, potensi hujan lebat disertai angin kencang, petir dan cuaca ekstrem akan ada.

“Masyarakat kami imbau tetap mewaspadai saat musim hujan nanti berlangsung. Terlebih kepada penyakit yang sering bermunculan di musim hujan atau bahaya yang lainnya,” jelasnya. (red)

Sumber: medcom.id