Beranda Peristiwa Hujan Deras, Tebing di Rangkasbitung Longsor

Hujan Deras, Tebing di Rangkasbitung Longsor

Tebing di Kampung Talaga Biru, Kecamatan Rangkasbitung, Lebak, Banten, longsor. (Ali/bantennews)

 

LEBAK – Hujan deras yang terjadi pada Senin (13/5/2019) sore hingga malam membuat tebing setinggi lima meter di Kampung Talaga Biru, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, longsor. Material longsor yang berupa lumpur dan tanah menutupi akses jalan, sehingga tidak dapat dilalui oleh kendaraan. Longsor juga masuk ke rumah salah satu warga yang tak jauh dari lokasi kejadian, akibatnya teras rumah, kamar dan sebagian ruangan rumah lainya dipenuhi lumpur. Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam kejadian ini.

Nurhayati (70), salah satu warga yang rumahnya terpapar material longsor mengatakan, saat itu dirinya sedang istirahat sehabis berbuka puasa dan di luar hujan deras yang turun sejak sore hari hingga malam. Tiba – tiba air masuk dan disusul tanah bercampur lumpur masuk ke teras rumah dan kamar tidur.

“Sekiatar jam delapan malam tiba- tiba air masuk ke rumah kemudian disusul tanah  lumpur,” kata Nurhayati kepada BantenNews.co.id, Senin (13/5/2019) malam.

Menurut Nurhayati kejadian ini baru pertama kali terjadi, sehingga dirinya sempat kaget dan ketakutan
Sementara iru Nanang salah satu warga mengatakan longsornya tebing diakibatkan hujan deras yang tejadi dari sore sampai  malam.

Banyaknya material longsoran yang menutupi ruas jalan, sehingga jalan tersebut tidak bisa dilewati oleh para pengendara roda dua maupun empat. Wargapun bergotong royong membersihkan material longsor yang menutupi jalan dan rumah warga

Warga sekitar tebing diimbau untuk tetap waspada dikhawatirkan ada longsor lagi, karena  hujan deras masih sering terjadi. (Ali/red)