Beranda Peristiwa Hujan Deras, 4 Kecamatan di Kabupaten Serang Terendam Banjir

Hujan Deras, 4 Kecamatan di Kabupaten Serang Terendam Banjir

Salah satu situasi banjir di Kampung Lewibanteng RT 13 RW 05 Desa Sangiang, Kecamatan Pamarayan, Selasa (14/9/2021). Foto: Dok. BPBD Kabupaten Serang.

KAB. SERANG – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Serang dan sekitarnya sejak Senin (13/9/2021) malam hingga Selasa (14/9/2021) pagi menyebabkan beberapa kecamatan di Kabupaten Serang terendam banjir.

Daerah Kabupaten Serang yang terendam banjir itu diantaranya adalah Perumahan Bumi Ciruas Permai 2 di Kecamatan Ciruas; Kampung Ciseke RT 15 RW 06 Desa Batukuwung, Kecamatan Padarincang; Kampung Lewibanteng RT 13 RW 05 Desa Sangiang, Kecamatan Pamarayan; dan Kampung Saninten RT 02 RW 01 Desa Malabar, Kecamatan Bandung.

Ketinggian air yang cukup besar terjadi di Kampung Lewibanteng RT 13 RW 05 Desa Sangiang, Kecamatan Pamarayan yakni mencapai 25-40 cm dan menyebabkan 10 rumah terendam. Kejadian tersebut diakibatkan meluapnya Sungai Ciujung dan permukiman warga yang lebih rendah dibandingkan sungai.

Kemudian, 18 rumah terendam di Kampung Saninten RT 02 RW 01 Desa Malabar, Kecamatan Bandung. Ketinggian air di wilayah tersebut mencapai 15-30 cm dan selain disebabkan oleh meluapnya Sungai Ciujung, drainase yang buruk juga menjadi salah satu faktor banjir terjadi di permukiman itu.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang, Nana Sukmana sebelumnya sudah memperkirakan kondisi tersebut akan terjadi sebab permukaan air di beberapa titik sudah mencapai level siaga.

“Kita sudah mempersiapkan prosedur di lapangan serta imbauan kepada masyarakat terkait cuaca ekstrem ini. Sudah dari pagi dapat laporan terkait debit air yang naik di Sungai Ciujung dan BCP 2, makanya kita persiapkan semuanya,” ujarnya pada BantenNews.co.id ketika ditemui di kantornya, Selasa (14/9/2021).

Luapan Sungai Cidanau dan tumpukan sampah yang menyebabkan terhambatnya aliran sungai juga menyebabkan 10 rumah terendam di Kampung Ciseke RT 15 RW 06 Desa Batukuwung, Kecamatan Padarincang dengan ketinggian air 5-10 cm.

Sementara itu, akibat intensitas hujan yang tinggi dan drainase yang buruk menyebabkan air menggenangi jalan Perumahan BCP 2 dengan ketinggian 15-30 cm.

Dalam peristiwa banjir di wilayah Kabupaten Serang tidak ada korban jiwa dan warga masih tinggal di rumahnya masing-masing.

(Nin/Red)