Beranda Pemerintahan Hore, Buat KTP-el di Tangsel Sudah Bisa Lewat Anjungan Dukcapil Mandiri

Hore, Buat KTP-el di Tangsel Sudah Bisa Lewat Anjungan Dukcapil Mandiri

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kini mempunyai mesin Anjungan Dukcapil Mandiri. (Ihya/bantennews)

 

TANGSEL – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kini mempunyai mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) guna memangkas alur birokrasi saat membuat dokumen kependudukan dan lainnya di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Hal itu dikatakan walikota Tangerang Selatan Airin Rachmy Diany, saat peresmian ADM di Teras Kota, BSD, Minggu (23/2/2020).

Menurut Airin, ADM tersebut sudah 2 minggu beroperasi, dan dalam waktu sesingkat itu masyarakat Kota Tangsel hampir sudah mengetahui semua.

Untuk waktu kerjanya sendiri, kata Airin, di ADM tersebut dari Senin sampai Minggu. Jadi tidak ada libur, karena operasinya di mall Teras Kota.

“Jadi dengan adanya ADM ini masyarakat ga perlu lagi ke kantor Dukcapil jadi bisa langsung ke ADM di Terasa Kota ini,” ungkap Airin.

Sementara Kepala Disdukcapil Tangsel Dedi Budiawan menjelaskan, untuk tahapannya itu warga datang mengambil antrian, lalu daftar dengan menyertakan NIK, nanti petugas memverifikasinya.

Setelah itu, lanjut Budiawan, proses foto jika yang hendak membuat KTP. Setelah itu menunggu lima menit langsung jadi.

“Jadi sebentar, mudah, dan ga susah. Kan antrian pun ga terlalu panjang kalau di sini. Tapi kalau yang buat Kartu Identitas Anak (KIA) ga usah foto ga papa,” jelas Budiawan.

Untuk penerbitan KTP dengan ADM di Teras Kota, kata Budiawan, hanya dibatasi 100 pencetakan dan penertbitan KIA sebanyak 50 penerbitan.

“Buka sabtu sampai Rabu dari jam 10.00 sampai pukul 18.00 WIB. Sementara kuota pencetakan KTP-el 100 kartu per hari dan KIA, 50 kartu per hari,” pungkasnya. (Ihy/Red)