Beranda Pemerintahan Hingga Penutupan, Ratusan Pelamar CPNS di Kota Serang Gugur

Hingga Penutupan, Ratusan Pelamar CPNS di Kota Serang Gugur

Ilustrasi - foto istimewa detik.com

SERANG – Ratusan pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kota Serang dinyatakan gugur karena tidak memenuhi syarat administrasi.

Pelaksana Bidang Administrasi pada Badan Kepegawaian, Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Serang, Iksan mengatakan formasi yang ada di Kota Serang sebanyak 181 formasi. Sementara untuk jumlah pendaftar yang masuk di Pemkot Serang yaitu 3.535 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 331 orang dinyatakan tidak memenuhi syarat atau dinyatakan gugur dalam seleksi CPNS Kota Serang 2018.

“Jadi kalau yang memenuhi syarat itu ada 3.204 orang dan yang tidak memenuhi syarat itu 331 orang. Totalnya semua pendaftar ada 3.535 orang,” kata Iksan saat ditemui di BKPSDM Kota Serang, Senin (22/10/2018).





Iksan mengatakan, pendaftar yang dinyatakan gugur dikarenakan beberapa alasan yang telah dijelaskan saat melakukan pendaftaran. Adapun alasannya karena yang paling utama IPK yang tidak sesuai, ijazah yang dilamar tidak sesuai dengan formasi yang dilamar.

Kemudian, kata dia, adanya kesalahan user saat upload berkas karena file terlalu kecil dan tak terbaca, tidak melengkapi persyaratan yang ditentukan.

“Ada juga pelamar yang surat lamarannya itu tidak ditandatangan dan bermaterai,” ujarnya.

Selanjutnya, dia menjelaskan bagi pendaftar yang telah dinyatakan memenuhi syarat akan melanjutkan ke tahap selanjutnya. Mereka akan menunggu cetak kartu tes untuk dapat mengikuti Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) dengan menggunakan sistem Computer Asissted Test (CAT). Sementara untuk lokasinya yaitu akan dilakukan di Badiklat Provinsi Banten.

“Untuk tes CAT CPNS Kota Serang akan gabung yang lokasinya di Kabupaten Pandeglang yaitu di Badiklat Provinsi Banten,” terang Iksan.

Dikatakan bahwa untuk saat ini jadwal atau penetapan waktu tes pihaknya belum mengetahui. Sebab untuk jadwal akan mengikuti dengan Pemprov Banten. Ia memprediksi minimal untuk jumlah pendaftar yang memenuhi syarat membutuhkan minimal 700 tempat.

“Pemprov Banten belum menentukan tempat dan jadwalnya. Kami sih menunggu saja,” ucapnya. (Dhe/Red)