Beranda Kampus Hindari Plagiasi, Ini yang Dilakukn Untirta Menuju Zona Integritas

Hindari Plagiasi, Ini yang Dilakukn Untirta Menuju Zona Integritas

Sosialisasi dan Penggunaan Turnitin.

SERANG – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menggelar Sosialisasi dan Penggunaan Turnitin. Turnitin merupakan perangkat lunak untuk mendeteksi plagiasi.

Produk ini banyak digunakan untuk mengetahui orisinalitas karya akademik berupa jurnal, artikel dan karya ikliah lainnya.

Kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan meningkatkan mutu pendidikan tinggi dalam bidang karya tulis. Kegiatan berlangsung Selasa, 2 April 2024 di Ruang Multimedia, Kampus Untirta, Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang.

Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Rusmana. Rusmana mengatakan, tahun ini secara khusus Untirta akan mengimplementasikan sistem ‘PPEPP’ singkatan dari Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan.

PPEPP merupakan lima tahapan dalam siklus Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). “Kita sedang membangun sistem zona integritas dan sekarang itu terkait di publikasi. Turnitin sudah berjalan beberapa tahun lalu dan tahun ini kapasitasnya dilipatgandakan dan harus dikelola dengan baik,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, “siapa pun di antara kita jangan tercap sebagai plagiator. Ini merupakan pencegahan untuk plagiasi ini,” ucap Rusmana.

Administrator Turnitin Untirta Gerry Garnika mengatakan, pengelolaan Turnitin diperbaharui setiap tahunnya. “Turnitin itu adalah alat untuk mencapai nilai integritas. Saya berharap masukkan konstruktif terkait dengan kebutuhan itu sesuai dengan kondisi di masing-masing unit,” imbuhnya. (*)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini