Beranda Kesehatan Hindari Kekerasan, Orangtua Harus Peduli Tumbuh Kembang Anak

Hindari Kekerasan, Orangtua Harus Peduli Tumbuh Kembang Anak

59
0
Suasana Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2018 tingkat Kota Cilegon. (Fotografer: Usman/Bantennews.co.id)

CILEGON – Pemkot Cilegon melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Cilegon memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2018 tingkat Kota Cilegon dengan tema Anak Indonesia Anak Genius (Gesit, Empati, Berani, Unggul, dan Sehat) yang digelar di Rumah Dinas Walikota Cilegon, Rabu (8/8/2018).

Plt Walikota Cilegon, Edi Ariadi mengatakan anak merupakan generasi penerus, pemerintah dalam hal ini mengemban amanah dalam hak dan partisipasi agar anak mendapatkan perlindungan dari kekerasan.

“Pada peringatan HAN ini pemerintah ingin memberikan kepedulian terhadap anak agar anak dapat terlindungi dari tindak kekerasan karena anak merupakan generasi penerus bangsa yang perlu kita jaga dan tumbuh kembangkan agar menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa,” ujarnya.

Edi menuturkan bahwa pembinaan anak harus dilakukan sedini mungkin. Hal ini dapat diawali dengan pembentukan karakter, sikap, dan akhlak anak.

“Saya tegaskan kepada seluruh orangtua dan guru untuk melakukan pembinaan terhadap anak agar dapat diperhatikan kembali bahwa selain pengetahuan umum anak juga perlu dibimbing dalam perilaku disiplin agar terbentuk karakter, sikap, dan akhlak yang baik,” pungkasnya.

Edi juga berpesan kepada seluruh orang tua untuk mendidik anaknya dengan kebudayaan dan kearifan lokal.

“Saya titip agar seluruh orangtua dapat mendidik anak melalui budaya dan keberagaman sosial yang beragam dan untuk mencintai budaya kita sendiri sehingga anak dapat tumbuh menjadi generasi yang membanggakan dan kreatif,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala DP3AKB Cilegon, Heni Anita Susila mengatakan bahwa HAN tingkat Kota Cilegon merupakan bagian dari upaya untuk menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh kembang anak, sesuai dengan harkat dan martabat dan mendapatkan perlindungan dari tindakan kekerasan dan diskriminasi.

“Peringatan HAN juga merupakan momentum yang baik untuk menggugah keramahan dan kepedulian kita terhadap anak sehingga anak-anak di Kota Cilegon dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan minat dan bakat yang dimilki,” jelasnya. (Man/Red)