Beranda Ramadan Hindari Kecelakaan, Pemudik Harus Istirahat Nyetir Maksimal 4 Jam Sekali

Hindari Kecelakaan, Pemudik Harus Istirahat Nyetir Maksimal 4 Jam Sekali

Ilustrasi - foto istimewa fannybostromscuriosities.blogspot.com

Perjalanan yang lumayan jauh saat mudik membuat menguras energi saat menyetir kendaraan. Sehingga diperlukan menjaga stamina tubuh supaya tak kelelahan.

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengimbau pemudik agar beristirahat selama 4 jam sekali. Menurutnya hal paling berbahaya adalah mengantuk saat mengemudi.

Hal itu diungkapkan Nila saat meninjau pos terpadu di tol Kalikangkung Semarang. Ia mengatakan pemudik harus mempersiapkan fisik. Jika mengantuk carilah rest area terdekat jangan sampai tertidur walau hanya sedetik.

“Pengemudi kalau ngantuk istirahat saja. Tidur 1 detik saja (saat mengemudi), celaka,” kata Nila, Jumat (31/5/2019).

Menurut Nila saat ini ada banyak rest area yang melayani cek kesehatan gratis. Hal itu bisa dimanfaatkan. Atau bila terjadi gangguan kesehatan ada layanan telepon 119 serta disiapkan pula ambulans motor untuk penanganan pertama.

“Kami imbau setiap 4 jam istirahat, ada rest area,” jelasnya seperti dikutip dari detik.com.

Kecelakaan diduga akibat supir mengantuk ternyata terjadi pagi tadi di KM 407 tol Batang-Semarang. Direktur Utama PT Jasa Marga Batang Semarang, Arie Irianto membenarkan hal tersebut.

Kecelakaan terjadi saat mobil Daihatsu Xenia berhenti di bahu jalan untuk beristirahat. Tiba-tiba dari belakang ada mobil Honda CRV menabrak dari belakang. Diduga pengemudi CRV mengantuk.

“Kemungkinan mengantuk sehingga menabrak mobil yang sedang berhenti,” kata Arie.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Agus Triatmaja mengatakan dalam kecelakaan tersebut mengakibatkan satu orang tewas.

“Satu korban meninggal,” kata Agus. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini