Beranda Gaya Hidup Hindari Kebiasaan Ini Kalau Gak Mau Jerawatan

Hindari Kebiasaan Ini Kalau Gak Mau Jerawatan

123
0
Ilustrasi - foto istimewa hellosehat.com

Jerawatan bisa bikin para cewek mendadak bad mood. Kehadiran jerawat yang tak diundang ini bikin wajah jadi gak mulus dan merah-merah.

Kalau gak sengaja tersentuh, sakitnya minta ampun. Nyusahin deh pokoknya kalau punya jerawat.

Buat para cewek lainnya yang gak pengin muncul jerawat di wajah, kalian harus mulai untuk mengurangi bahkan menghindari kebiasaan ini!

loading...

1. Terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan yang kotor

Tangan kita bersentuhan dengan apa pun setiap harinya. Bersentuhan dengan sendok, sabun, setir mobil, ponsel, dompet, tangan doi, kertas ulangan, laptop dan sebagainya. Bayangkan kalau kuman-kuman itu berpindah ke wajahmu. Ingat, kulit wajah itu lebih sensitif dan tipis dibandingkan kulit lainnya. Psst, salah satu penyebab munculnya jerawat adalah kotoran yang terperangkap di wajah!

2. Memencet jerawat

Segemas apa pun kamu melihatnya, usahakan jangan memencetnya! Meskipun jerawatnya sudah memunculkan bintik putih pertanda sudah ‘matang’, biarkan dia jerawat itu sendiri yang melakukannya. Apa akibatnya kalau kamu memencet jerawat? Kamu akan merasa kesakitan, bisa berdarah, kotoran yang ada di dalam akan keluar dan mengenai kulit lainnya. Akhirnya muncullah jerawat yang baru.

3. Jangan biasakan begadang

Benar kata bang Roma Irama, janganlah begadang kalau enggak ada perlunya. Selain bikin mata pandamu semakin memburuk, bisa menyebabkan jerawat juga! Tubuhmu ini perlu istirahat juga, lho. Kalau kamu begadang, tubuhmu jadi gak fit, kulit juga jadi gak fresh. Alhasil, bisa muncul deh jerawat. Gak mau kan?

4. Hindari stress

Hidup ini memang gak bisa lepas dari yang namanya stres. Ada aja hal yang bikin kita stres. Tapi bagaimanapun menyebalkannya, jangan sampai stres berlebihan ya, girls. Stres berlebihan bisa memunculkan jerawat pada wajah juga.

5. Mengonsumsi makanan berminyak

Iya, tahu kalau gorengan itu sangat nikmat rasanya, apalagi disantap pakai cabai dan teh manis hangat. Luar biasa deh kenikmatannya. Tapi, minyak berlebih yang kamu konsumsi bisa menjadi penyumbang untuk munculnya jerawat, lho. Mendingan mengurangi gorengan atau jerawatan?

6. Biasakan makan makanan sehat

Kandungan minyak dalam junk food sama seperti gorengan tadi, alias gak bagus buat kulitmu. Meskipun kita gak bisa lepas dari junk food, usahakan untuk menguranginya, ya. Kalau perlu diimbangi dengan pola hidup sehat seperti olahraga, makan buah, dan sayur juga!

7. Rutin mengganti sarung bantal, guling, dan Sprei

Sadarkah kamu bahwa ada banyak kuman yang menempel pada sprei bantalmu? Kumannya akan menempel pada kulit wajahmu semalaman! Hi, enggak mau kan? Rutinlah membersihkan tempat tidur dan mengganti spreinya. Kira-kira dua minggu sekali atau sebulan sekali, deh. (Red)

Sumber : IDN Times

loading...