Beranda Gaya Hidup Hijabers, Jangan Malas Melakukan Perawatan Ini!

Hijabers, Jangan Malas Melakukan Perawatan Ini!

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Para hijaber, meski berpenampilan tertutup, perawatan fisik tetap penting dilakukan. Bahkan, perawatannya harus lebih ekstra. Sebab, ketika kamu beraktivitas dalam keadaan tertutup jauh lebih mudah menimbulkan keringat dan bau.

Berikut ini merupakan perawatan yang harus lebih sering kamu lakukan dalam sehari, Hijaber! Selain penting, biasanya sering diabaikan, lho! Yuk, simak!

1. Menyisir rambut

Meskipun berjilbab, kamu tetap harus rajin menyisir rambut. Rambut adalah mahkota berharga yang menambah kesan anggun wajah dan penampilanmu. Selain itu, rambut yang jarang disisir berpotensi kusut dan sulit diatur.

Tidak sekadar dengan sisir, rambut juga harus rutin dicuci dan diolesi dengan minyak atau vitamin agar tidak mengalami masalah seperti kasar, kering, kepala gatal dan bau apek. Selain itu, pastikan rambutmu dalam kondisi kering saat dipasangi kain hijab agar nyaman dan tidak menimbulkan aroma tidak sedap.

2. Membersihkan area daun telinga

Area daun telinga juga merupakan bagian yang sering tertutup saat berjilbab. Kondisi tertutup bisa menyebabkan tingkat kelembapannya tinggi sehingga timbul jamur atau kerak.

Selain itu, daun telinga juga mudah kotor dan berdaki. Sebaiknya, kamu rutin memberihkan area tersebut menggunakan kapas atau tisu setelah diolesi minyak zaitun atau lotion. Selain itu, kamu juga bisa menggosoknya saat mandi.

3. Membersihkan area leher

Area leher juga merupakan bagian tubuh cewek berjilbab yang selalu tertutup. Bayangkan saja, jika kamu seharian beraktivitas di luar rumah dan pulang menjelang malam, bagian tubuh yang tertutup mudah mengeluarkan keringat dan daki, termasuk leher.

Bersihkanlah bagian tersebut saat mandi dan lumuri dengan lotion atau parfum setiap usai mandi dan berpergian. Jika bagian tersebut bersih, segar dan wangi akan menambah suasana nyaman dalam beraktivitas.

4. Membersihkan area kaki

Umumnya, cewek berjilbab juga mengenakan kaus kaki saat berpergian. Nah, bagian betis hingga telapak kaki merupakan area yang tertutup juga. Selain itu, bagian kaki berinteraksi langsung dengan lantai atau tanah sehingga debu dan kotoran mudah menempel.

Itu sebabnya, kamu juga harus memberikan perhatian penuh di bagian tersebut. Gunakanlah kaus kaki bersih setiap akan berpergian. Jangan gunakan sepatu atau sandal yang masih basah atau lembap. Gosoklah sela-sela jari kaki setiap mandi.

Cucilah kaki setiap akan tidur atau dari luar rumah. Jagalah kaki dalam kondisi kering usai disirami air. Dengan demikian, kamu bisa menjaga kesehatan dan kebersihan kaki hingga bebas dari penyakit kulit yang rentan seperti alergi dan kutu air.

5. Merawat area genital

Area genital juga tidak kalah penting untuk dirawat dengan baik dan benar. Keringat juga mudah muncul di bagian ini saat kamu sibuk bersama aktivitas seharian. Area genital juga sangat sensitif. Jangan sampai kamu mengalami penyakit parah di bagian ini karena beresiko kematian. Kesehatan genital juga tidak lepas dari masalah ringan seperti keputihan dan gatal-gatal akibat jamur atau lembap.

Itu sebabnya, kamu tidak boleh malas mandi. Lalu, gantilah celana dalam minimal 3 kali sehari. Pilihlah bahan yang menyerap keringat, tidak sempit dan tidak menimbulkan goresan di selangkangan. Perawatan ini sangat membantumu beraktivitas dengan nyaman dalam keseharian. (Red)

Sumber : IDN Times