Beranda Gaya Hidup Hidup Hemat Bisa Berdampak Positif Buat Keuanganmu

Hidup Hemat Bisa Berdampak Positif Buat Keuanganmu

389
0
Ilustrasi - foto istimewa kumparan.com

Sejak viralnya metode Konmari yang dipopulerkan Marie Kondo, kepemilikan barang secara berlebihan bukan lagi menjadi hal yang membanggakan.

Gaya hidup minimalis sebenarnya mengajarkan kita pentingnya kesadaran penuh saat memiliki barang, entah itu barang yang kita beli atau barang yang diberikan orang lain untuk kita.

Bagi mereka yang menjalani hidup minimalis, yang paling terasa tentu saja ruang yang semakin lega di kamar, rumah dan apartemen tanpa tumpukan barang tak perlu yang bikin sumpek.

Namun, gaya hidup minimalis ternyata juga membawa dampak positif lainnya lho,terutama untuk perencanaan keuangan.

Mengapa? Ini alasan seperti dikutip dari dream.co.id.

1. Membantu mengatur prioritas kebutuhan

Kebutuhan seringkali tampak bias dengan keinginan. Dengan gaya hidup minimalis, kita diajak untuk mengatur prioritas terhadap pembelian barang sesuai kebutuhan ketimbang menuruti nafsu keinginan semata. Dengan menimbang kedua hal tersebut, uang yang kita keluarkan akan lebih terarah dan terprioritaskan dengan baik.

2. Memotivasi hidup terbebas dari utang

Siapa sih yang tidak ingin hidup bebas dari utang? Semua orang tentu menginginkannya. Dengan gaya hidup minimalis, setiap rupiah yang kita keluarkan akan lebih berarti setelah melalui berbagai pertimbangan matang.

Hal ini mencegah kita berutang demi menuruti gaya hidup yang tak sesuai kemampuan. Justru kita bisa berhemat banyak karenanya.

3. Lebih hemat ruang

Gaya hidup minimalis menekankan pada pembelian barang yang multifungsi dan tahan lama. Dengan mempertimbangkan kualitas barang dalam jangka waktu lama, maka kita akan dijauhkan dari godaan-godaan membeli barang-barang sekali pakai yang mudah rusak dan hanya membuat sesak rumah.

4. Memberi pendapatan tambahan

Saat memulai gaya hidup minimalis, kamu akan menyadari begitu banyak barang-barang yang sebetulnya tidak lagi kamu butuhkan di sekitarmu. Untuk memberi kelegaan ruang, perlu dilakukan sortir barang.

Sebagian barang bisa kamu donasikan, sebagian bisa kamu jual lagi lho. Baik secara online atau pun offline. Ruangan lega, pikiran lebih enteng, kantong pun makin berisi.

5. Membantu kamu fokus menabung untuk meraih financial goals

Dengan membeli barang sesuai kebutuhan dan fungsinya, pengeluaran pun dapat dikontrol dengan baik. Kamu akan menyadari tiap rupiah begitu berharga sehingga tidak boros. Uang yang selama ini dibelanjakan untuk barang-barang yang tak perlu, bisa dialokasikan untuk menabung dan investasi. (Red)