Beranda Kesehatan Hidung Tersumbat Saat Terkena AC, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Hidung Tersumbat Saat Terkena AC, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi - foto istimewa

Pernahkah Anda merasakan hidung tersumbat atau berat saat berada di ruangan ber-AC? Hal ini merupakan hal yang umum terjadi dan bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut penjelasannya:

Penyebab Hidung Tersumbat Saat Terkena AC:

Udara Kering: AC mengeluarkan udara yang lebih kering daripada udara alami. Udara kering ini dapat mengiritasi membran hidung dan tenggorokan, sehingga menyebabkan hidung tersumbat, bersin, dan bahkan sakit tenggorokan.

Perubahan Suhu: Perpindahan dari suhu panas ke ruangan ber-AC yang dingin dapat menyebabkan pembuluh darah di hidung menyempit, sehingga hidung terasa tersumbat.

Alergi: Udara dingin dari AC dapat memicu alergi pada beberapa orang, yang menyebabkan hidung tersumbat, bersin, dan mata berair.

Infeksi: Infeksi sinus atau pilek juga dapat memperburuk hidung tersumbat saat terkena AC.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Terkena AC:

Gunakan Humidifier: Humidifier dapat menambahkan kelembapan pada udara di ruangan, sehingga membantu meredakan hidung tersumbat dan kering.

Minum Air Putih: Minum air putih yang cukup dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan meredakan hidung kering.

Gunakan Semprotan Hidung Saline: Semprotan hidung saline dapat membantu membersihkan hidung tersumbat dan meredakan iritasi.

Hindari Pemicu Alergi: Jika Anda memiliki alergi, hindari pemicu alergi seperti debu, asap, dan bulu hewan peliharaan yang mungkin terbawa oleh udara AC.

Bersihkan Filter AC: Filter AC yang kotor dapat memicu alergi dan memperburuk hidung tersumbat. Pastikan untuk membersihkan filter AC secara teratur.

Meninggikan Suhu AC: Coba atur suhu AC sedikit lebih hangat untuk mengurangi efek udara kering.

Gunakan Obat Pereda Nyeri: Obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau paracetamol dapat membantu meredakan hidung tersumbat dan sakit kepala yang menyertainya.

Jika hidung tersumbat Anda tidak membaik setelah beberapa hari atau disertai dengan gejala lain seperti demam, nyeri wajah, atau kesulitan bernapas, konsultasikan dengan dokter.

Tips tambahan:

Mandi air hangat atau menghirup uap air panas dapat membantu meredakan hidung tersumbat.

Gunakan kompres hangat di hidung untuk membantu meredakan hidung tersumbat.

Tidur dengan kepala sedikit lebih tinggi dapat membantu mengurangi hidung tersumbat saat tidur.

Semoga informasi ini bermanfaat!

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News