Beranda Pemerintahan Hiasan Berbahasa Asing di Kota Serang Dikritik

Hiasan Berbahasa Asing di Kota Serang Dikritik

616
0
Hiasan berbentuk tulisan berbahasa asing di Kota Serang. (Ade/bantennews)

 

SERANG – Penggunaan bahasa asing pada hiasan di lokasi strategis di Kota Serang menuiai kritikan. Sebab penggunaan kata seperti ‘Welcome to Kota Serang’, ‘I Love Kota Serang’ tidak sesuai dengan visi misi Kota Serang yang berdaya dan berbudaya.

“Berdaya dan berbudaya, dua kalimat bermakna yang akan selalu dibawa oleh duet Aje Kendor dalam memimpin Kota Serang. Namun dengan penggunaan bahasa Inggris dalam hiasan tulisan, kami sangsi dengan visi berbudaya yang dibawa itu,” kata Ahmad Fauzan, salah seorang aktivis mahasiswa Untirta, Senin (6/1/2020).

Menurutnya, penggunaan bahasa Inggris tersebut sangat bertolak belakang dengan visi berbudaya yang diusung Syafrudin-Subadri. Karena penggunaan bahasa Inggris menggambarkan Kota Serang krisis kebudayaan.

“Mungkin ada kesalahan berfikir dalam membangun identitas Kota Serang. Seharusnya, Pemkot Serang dapat menggunakan bahasa Jawa Serang dalam upaya membangun identitas kuat Kota Serang dalam segi bahasa,” ucapnya.

Meskipun hal yang mungkin dianggap kecil, Fauzan mengaku khawatir  penggunaan bahasa asing untuk hiasan tulisan tersebut dapat menjadi faktor kemunduran dalam pembangunan Kota Serang yang berbasis kebudayaan.

“Ini akan menjadi kesalahan besar dalam upaya membangun peradaban kebudayaan di Kota Serang. Meskipun kecil, namun itu bisa menjadi salah satu bentuk ketidakpercayadirian Pemkot Serang terhadap budaya lokal,” ucapnya. (Dhe/Red)