Beranda Kesehatan Hepatitis Akut Misterius Timbulkan Gejala Diare Pada Anak

Hepatitis Akut Misterius Timbulkan Gejala Diare Pada Anak

Ilustrasi - foto istimewa klikdokter.com

SERANG – Wabah hepatitis akut yang menyerang ratusan anak-anak di dunia saat ini telah menyebabkan peradangan hati yang parah.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa saat ini tercatat ada 228 kasus hepatitis akut pada anak tersebar di 20 negara, termasuk Indonesia. Kebanyakan dari anak-anak itu berusia di bawah sepuluh tahun.

Para ilmuwan kesehatan di dunia melaporkan kalau penyakit tersebut juga banyak terjadi pada anak-anak yang sehat. Tetapi akibat infeksi tersebut, banyak dari mereka sampai membutuhkan transplantasi hati. Bahkan, satu anak dilaporkan meninggal akibat mengalami gagal hati.

Jumlah transplantasi hati pada anak jadi meningkat secara global, daripada yang biasanya terlihat selama periode waktu yang sama di tahun-tahun sebelumnya. Kasus hepatitis akut juga sebelumnya tidak pernah terdengar pada anak-anak.

Dugaan sementara para ilmuwan saat ini, hepatitis akut tersebut disebabkan infeksi adenovirus. Menurut Badan Keamanan Kesehatan Inggris, adenovirus adalah patogen paling umum yang ditemukan pada 40 dari 53 kasus terkonfirmasi yang diuji di Inggris.

“Penyelidikan semakin menunjukkan bahwa peningkatan kasus hepatitis yang parah mungkin terkait dengan infeksi adenovirus, tetapi penyebab lain masih diselidiki secara aktif,” kata Badan tersebut, dikutip dari suara.com (jaringan BantenNews.co.id).

Adenovirus merupakan sekelompok besar virus yang dapat menginfeksi hewan dan juga manusia. Disebut adenovirus karena dari jaringan tempat awal diisolasi, yakni kelenjar gondok atau amandel.

Adenovirus memiliki setidaknya tujuh spesies berbeda. Di dalam spesies tersebut, ada genetik yang serupa pada virus corona dan virus lainnya. Namun bukan disebut sebagai varian, tapi sebagai subtipe adenovirus.

Dijelaskan pula bahwa kebanyakan subtipe adenovirus menyebabkan penyakit ringan pada manusia. Beberapa spesies menyebabkan penyakit gangguan pernapasan, seperti croup pada anak kecil dan bayi. Lainnya menyebabkan konjungtivitis dan kelompok ketiga menyebabkan gastroenteritis.

Subtipe yang terkait dengan wabah hepatitis akut saat ini disebut adenovirus 41, virus yang terdeteksi pada setidaknya 74 kasus sejauh ini. Subtipe 41 termasuk dalam pengelompokan adenovirus yang biasanya dikaitkan dengan gastroenteritis ringan hingga sedang. Sehingga bisa menimbulkan gejala diare, muntah, dan sakit perut.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini