Beranda Kesehatan Hepatitis Akut Menular Lewat Apa? Ini Beberapa Kemungkinannnya

Hepatitis Akut Menular Lewat Apa? Ini Beberapa Kemungkinannnya

Ilustrasi - foto istimewa suara.com

SERANG – Penyakit yang sampai saat ini belum diketahui penyebab pastinya adalah hepatitis akut. Lalu hepatitis akut menular lewat apa?

Penting untuk diketahui dahulu bahwa hepatitis akut adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan berbagai kondisi yang ditandai dengan peradangan akut parenkim hati atau cedera hepatosit yang mengakibatkan peningkatan indeks fungsi hati.

Hal yang menjadi dugaan hepatitis akut menular lewat apa dapat dijelaskan dalam uraian di bawah ini.. Seperti melansir suara.com (jaringan BantenNews.co.id).

1. Rute Enterik: Penularan Hepatitis A dan Hepatitis E

Dugaan pertama untuk menjawab dugaan hepatitis akut menular lewat apa ialah bahwa virus Hepatitis A dan hepatitis E (HAV dan HEV) keduanya dapat ditularkan melalui enterik, yaitu pencernaan atau dengan tinja, rute. Ini juga dikenal sebagai rute fecal-oral.

Untuk terkena virus ini, Anda harus menelan kotoran yang terinfeksi virus. Beberapa wilayah di dunia, seperti India, Bangladesh, dan Amerika Tengah dan Selatan, sangat rentan terhadap virus ini. Sekitar sepertiga orang di Amerika Serikat telah terpapar virus hepatitis A.

2. Rute Parenteral: Penularan Hepatitis B, Hepatitis D, dan Hepatitis C

Hepatitis B, C, dan D virus (HBV, HCV, dan HDV) semua ditularkan oleh apa yang dikenal sebagai rute parenteral. Parenteral berarti bahwa virus ini dapat menular melalui semua rute kecuali melalui saluran usus. Mari kita lihat kemungkinan rute penularan untuk masing-masing jenis virus hepatitis ini lebih dekat.

3. Melalui cairan tubuh orang yang terinfeksi

Adalah sebuah kemungkinan hepatitis akut menular lewat apa dapat diketahui melalui cairan tubuh orang yang terinfeksi. Itu berarti bahwa virus dapat ditularkan melalui darah, keringat, air mata, air liur, air mani, sekresi vagina, darah menstruasi, dan ASI dari orang yang terinfeksi.

Peluang seseorang terpapar hepatitis karena terinfeksi cairan tubuh orang yang terinfeksi dapat mencakup berbagi jarum suntik atau mendapatkan tato atau tindikan tubuh dengan alat yang terinfeksi, dan bisa juga melalui hubungan seksual. Faktanya, hampir dua pertiga kasus hepatitis B akut di Amerika Serikat terjadi melalui hubungan seksual.

Demikian itu informasi kemungkinan hepatitis akut menular lewat apa. Semoga informasi di atas bermanfaat. Jaga kesehatan dan juga jaga lingkungan Anda tetap sehat.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini