Beranda Pemerintahan Helldy Takjub Lihat Smart City Kota Makassar, Yakin Bisa Diterapkan di Cilegon...

Helldy Takjub Lihat Smart City Kota Makassar, Yakin Bisa Diterapkan di Cilegon ?

Walikota Cilegon, Helldy Agustian saat Kunjungan Kerja ke Kota Makassar - foto istimewa

CILEGON – Walikota Cilegon, Helldy Agustian bersama beberapa pejabat kunjungan kerja ke Pemkot Makassar sejak Rabu (31/3/2021). Dalam kunjungan tersebut Helldy seakan takjub dengan penerapan Smart City terutama penerapan Closed-Circuit Television (CCTV) di setiap sudut kota di salah satu di Sulawesi Selatan tersebut.

Mungkinkah Smart City serupa diterapkan di Kota Cilegon. Dimana Kota Industri juga sejak lama mendambakan program tersebut. Namun hingga kini tak juga terwujud.

“Alhamdulillah diterima baik oleh Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat kunjungan kerja pemerintah Kota Cilegon beserta rombongan di Pemkot Makassar, Rabu (31/3/2021),” tulis Helldy dikutip dari media sosial resminya.

Menurut Helldy, tujuan kunjungan ini untuk ‘berguru’ dari Pemerintahan Kota Makassar soal sistem kerja CCTV. “Dijelaskan bagaimana CCTV di Makassar bekerja saat pencarian identitas pelaku aksi bom bunuh diri di depan Gereja Katedral, Minggu (28/3/2021) lalu. Dalam waktu 12 jam identitasnya terungkap,” katanya.

Dia mengungkapkan ada 300 titik CCTV yang tersebar di Kota Makassar. Dan ada dua CCTV yang bisa zoom hingga 4,3 Kilometer jauhnya. Itu sebanding yang digunakan seperti di stadion Manchester.

“Saya dan rombongan Kota Cilegon diajak mengunjungi langsung War Room pusat pengoperasian CCTV Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.
Kedatangan kita ke sini untuk belajar banyak hal. CCTV ini kita lihat sangat bagus kita implementasikan di Kota Cilegon. Apalagi, kita banyak industri di sana,” ucapnya.

Selain itu, dia mengaku penasaran soal konsep Sombere dan Smart City Makassar yang mendunia.

“Diakhir pertemuan tersebut, saya mengucapkan berterima kasih dengan pemkot Makassar dan bertukar cenderamata, memberikan plakat baja dengan sarung batik tulis bermotifkan parang/Golok,” imbuhnya.

(Man/Red)