Beranda Hukum Heboh Video Oknum Polisi Pungli Sopir Truk di Banten

Heboh Video Oknum Polisi Pungli Sopir Truk di Banten

(Foto: Istimewa)

SERANG – Sebuah video oknum polisi melakukan pungutan liar (pungli) terhadap pengendara truk yang melintas di Jalan Syekh Nawawi Tanara, Serang, Banten, menjadi viral di media sosial. Dalam video tersebut terlihat oknum polisi berseragam lengkap mengendarai sepeda motor. Si oknum memungut uang kepada setiap sopir truk yang melintas di lokasi.

Video amatir yang diabadikan oleh salah seorang kondektur tersebut sontak mendapat sorotan warga internet (warganet). Video tersebut menjadi viral setelah diunggah oleh akun bernama Jefi Johan Ardiansyah. Pubik kecewa dengan praktik pungli yang dilakukan oknum polisi tersebut.

“Preman aja kalau malakin ditangkap polisi, kok polisinya malakin nggak papa, mungkin ndak ada uang kali buat makan,” komentar akun Bang Bee. Akun lain bernama Andi Agus juga menulis, “pecat tu polisi pungli janji waka polri,” tulisnya.





Komentar yang bernada sama juga ditulis oleh akun Rhaflin Sheftiyawan. “Dasar polisi tidak tau aturan. Bukannya membantuin masyarakat malah dipalakin kaya gihi. Emang gaji kamu buat apa. Padahal negera sudah membayar dengan mahal jika mereka melakukan operasional,” kata Rhaflin.

Mengenai peristiwa tersebut, Kapolresta Tangerang Kombes Pol Sabilul Ali membenarkan oknum Polsek Kronjo berisial CR tersebut terbukti melakukan pungli. Pihaknya langsung mengambil tindakan tegas dengan mencopot jabatan pelaku. “Sudah kami copot dan sudah kami periksa,” kata Sabilul ditemui di Mapolda Banten, Jumat (28/9/2018).

Setelah mencopot dari keanggotaan Polri, pihaknya masih melakukan pendalaman terkait unsur pidana dalam kasus pungli tersebut. “Kami akan lihat pelanggarannya,” kata Sabilul singkat. (you/red)