Beranda Peristiwa Hebat, Desa Pangkalan Tangerang Punya Alat Penyedot Lumpur dan Sampah Drainase

Hebat, Desa Pangkalan Tangerang Punya Alat Penyedot Lumpur dan Sampah Drainase

Saluran drainase sepanjang 500 meter di Rt 03/ Rw 05 Kampung Kebon Jamblang yang tertumpuk lumpur dan sampah 80 sentimeter berhasil di sedot

KAB. TANGERANG – Pemerintah Desa Pangkalan, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, miliki alat penyedot lumpur dan sampah bernama mesin dompeng dan alkon .

Terbukti, saluran drainase sepanjang 500 meter di Rt 03/ Rw 05 Kampung Kebon Jamblang yang tertumpuk lumpur dan sampah 80 sentimeter berhasil di sedot.

Gagasan inovasi yang dituangkan ini, dikatakan Kepala Desa Pangkalan, Ahmad Muhrim sebagai solusi alternatif yang tepat untuk mengikis sedimentasi drainase yang menjadi momok penyebab banjir. Awalnya mesin inovasi itu dianggap lelucon oleh sejumlah pihak.

“Saya bersama aparat desa mencoba melakukan inovasi teknologi bagaimana menjawab persoalan lumpur dan sampah selalu bersarang di saluran drainase,” kata Muhrim saat ditemui BantenNews.co.id, Jumat (13/3/2020).

Goim sapaan akrabnya ini mengungkapkan jika mesin penyedot lumpur dan sampah ini sebenarnya terbuat dari mesin penyedot pasir yang telah dimodifikasi dengan bahan bakar bensin dan solar 8 liter. Dan mesin penyedot lumpur dan sampah ini, berfungsi jika ada media air.

Lebih lanjut, Goim jelaskan salah satu yang terpenting itu tersedianya disposal yakni lahan yang siap menampung lumpur dan sampah tersebut.

“Ini sudah terbukti saluran drainase di desa pangkalan yang berubah menjadi sedimentasi kini tersedot dan telah kembali sesuai fungsinya,” tandasnya.

“Dari pada masih pakai alat eksavator, menurut saya alat penyedot ini jauh lebih efesien,” sambungnya

(Tra/Ren/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ