Beranda Sosok Hebat! Baru 2 Bulan Kuliah di UGM Anak Tukang Es Asal Pandeglang...

Hebat! Baru 2 Bulan Kuliah di UGM Anak Tukang Es Asal Pandeglang Ini Raih Medali di Ajang Nasional

Ilham Sutopo

PANDEGLANG – Ilham Sutopo anak tukang es warga Kampung Sidamukti RT 03 RW 03, Desa Sidamukti, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang yang masuk Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menorehkan prestasi dengan menyabet medali perak tingkat nasional pada Ajang Insight Arjuna Competition 2021.

Sebelumnya, Ilham di terima di 2 UGM sebagai salah satu mahasiswa yang berprestasi. Mahasiswa semester pertama pada Program Studi Manajemen Sumber Daya Akuatik, Departemen Perikanan, Fakultas Pertanian UGM itu berhasil memperoleh Medali Perak pertamanya selama menjadi mahasiswa untuk kampusnya melalui Olimpiade Wawasan Dunia tingkat nasional, yaitu ajang Insight Arjuna Competition 2021.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Insight Olimpiade dan digelar serentak secara daring pada tanggal 3 Oktober 2021, dan pengumuan juara dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober 2021.

“Pada kompetisi ini, peserta lomba diberikan 40 soal penalaran multidisiplin yang harus diselesaikan dalam waktu 60 menit. Soal-soal dalam kompetisi kali ini meliputi soal Pengetahuan Umum, mulai dari Sejarah, Sosiologi, Ekonomi, Politik, Geologi dan Geografi, hingga pengetahuan bahasa seperti linguistik dan sastra serta antropologi budaya dunia,” terang Ilham, Senin (22/11/2021).

Kata Ilham, bentuk dari soal yang disuguhkan merupakan jenis soal berbasis pertanyaan konseptual, dimana peserta akan diharuskan memasuki jangkauan berpikir yang sangat teliti dalam memahami pertanyaan-pertanyaan yang juga memerlukan interpretasi mendalam dan penalaran konsep serta logika dalam pengetahuan.

Ia membeberkan, kegaiatan ini diikuti lebih dari 600 mahasiswa dari sekitar 300 perguruan tinggi se-Indonesia. Dalam ajang ini banyak mahasiswa lain yang berasal dari kampus ternama seperti Universitas Indonesia, Universitas Andalas, Institut Teknologi Sepuluh November, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Sebelas Maret, Universitas Padjajaran, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, dan kampus-kampus terbaik lainnya.

Meskipun Ilham baru berkuliah selama kurang dari 2 bulan, namun sebagai mahasiswa Angkatan 2021 di Fakultas Pertanian UGM, Ilham telah menjadi penyumbang medalis pertama untuk kampusnya.

“Pada tahap perlombaan, alhamdulilah saya mampu menyelesaikan hampir keseluruhan dari pertanyaan yang diberikan, serta berhasil bersaing hingga menduduki peringkat peraih medali perak dalam ajang kompetisi ini,” tutupnya. (Med/Red)