Beranda Netizen Hati-hati, Ini yang Tidak Layak Diumbar di Medsos

Hati-hati, Ini yang Tidak Layak Diumbar di Medsos

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Intensitas menggunakan media sosial kerap kali membuat kita lupa dengan apa yang layak dan tak layak dibagikan di media sosial. Akibatnya, hal yang tidak diinginkan terjadi menimpa kita dan keluarga kita karena tak jeli dan selektif dalam memilih unggahan yang tepat di media sosial.

Efek negatif dari salah unggah tersebut mulai dari hinaan terhadap fisik, keluarga, pertengkaran yang berujung hukum karena jerat Undang Undang ITE dan sebagainya.

Nah, sebelum dulur-dulur BantenNews.co.id mengalami kejadian yang tidak menyenangkan akibat salah unggah konten yang tidak pas media sosial, empat hal ini perlu diperhatikan.

Diilansir dari Suara.com, ada empat hal yang tidak boleh diumbar di media sosial untuk melindungi privasi kita.

Pertama, kartu identitas seperti paspor dan data diri lainnya

Beberapa orang menyukai membagikan foto perjalanan liburannya dengan mengunggah boarding pass di media sosial. Nyatanya, dalam foto tersebut terdapat identitasmu yang nantinya bisa disalahgunakan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Masalah pribadi

Pasalnya bukan simpati yang akan kamu dapatkan, namun respon yang akan menilai kamu lebay atau alay. Sebaiknya simpan masalah pribadi kamu ceritakan pada orang-orang terdekat saja.

Pertengkaran dan komentar kasar

Di dunia maya kamu juga akan menemukan banyak orang yang tak memiliki etika yang harus kamu jaga. Kamu harus paham media sosial bukan tempat untuk melakukan bullying atau memfitnah orang lain. Sehingga pakailah kata-kata yang baik sehingga tidak menyakiti orang lain.

Foto bersama pacar

Setiap pasangan ingin menunjukkan rasa cinta pada pasangannya pada teman-temannya di media sosial. Biasanya setiap pasangan mengunggah foto kemesraan di media sosial dengan caption ”I love you” atau semacamnya.

 (Red)