Beranda Kesehatan Hasil Rapid Test, 22 Petugas PPS di Pandeglang Reaktif

Hasil Rapid Test, 22 Petugas PPS di Pandeglang Reaktif

344
0
Ilustrasi Rapid Test - foto istimewa

 

PANDEGLANG – Hasil rapid test yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kabupaten Pandeglang pada Petugas Pemungutan Suara (PPS) di semua kecamatan menunjukan ada sekitar 22 orang yang reaktif Covid-19.

Komisioner KPU Pandeglang, Ahmadi menyampaikan, rapid test yang dilakukan oleh KPU selama 2 hari kemarin menunjukkan ada puluhan anggota yang reaktif. Lokasi puluhan PPS yang reaktif tersebut menyebar hampir di semua kecamatan di Pandeglang.

“Memang ada 22 orang, ini hasilnya reaktif. Lokasinya menyebar tidak satu blok,” kata Ahmadi saat dihubungi Bantennews.co.id, Rabu (1/7/2020).

Kata Ahmadi, pihaknya sudah menginstruksikan agar anggota yang hasilnya reaktif untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari sambil menunggu hasil swab yang dilakukan oleh tim gugus tugas serta dibebastugaskan dari kegiatan Verifikasi Faktual (Verfak).

“Kalau hasilnya negatif berarti mereka tidak terpapar dan kalau hasilnya positif nanti mereka akan ditangani oleh gugus tugas, jadi kalau kami hanya sebatas rapid test. Di swab itu juga belum tentu positif karena nunggu hasilnya,” jelasnya.

Ia menegaskan, meski hasil tes mereka reaktif tapi KPU Pandeglang tidak akan memberhentikan para petugas ini. Hal itu sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh KPU RI.

“Memang di surat edaran KPU RI itu tidak boleh diberhentikan, jadi mereka dibebastugaskan dan pekerjaannya digantikan oleh anggota PPS yang lain. Itu seandainya (ada yang positif), secara tahapan tidak menggangu karena anggota PPS itu ada 3 orang dan anggota sekretariat 3 orang,” tegasnya. (Med/Red)