Beranda Kesehatan Hasil Pelacakan Pasien Positif Corona di Kota Serang Belum Diketahui

Hasil Pelacakan Pasien Positif Corona di Kota Serang Belum Diketahui

Ilustrasi Rapid Test - foto istimewa

SERANG – Hasil pelacakan atau tracing pasien positif Corona di Kota Serang hingga kini belum diketahui. Di Kota Serang tercatat sudah ada 7 pasien positif Corona. Dari jumlah tersebut 2 di antaranya dinyatakan sembuh, empat masih dirawat, dan satu meninggal dunia.

Juru bicara Penanganan Covid-19 Kota Serang, W Hari Pamungkas mengaku pihaknya sama sekali belum  menerima laporan hasil tracing tersebut dari Dinas Kesehatan. “Yang minggu lalu, hari Rabu dan Jumat itu belum keluar. Tapi untuk tracing itu sudah selesai, jadi saat ini kami tinggal tunggu laporan dari Dinkes untuk hasilnya,” ucapnya, Kamis (14/5/2020).

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang Muhammad Ikbal mengatakan, pihaknya baru menyerahkan hasil tes, baik rapid mau pun swab ke Penelitian Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) pusat. “Maka, hasilnya baru bisa keluar sekitar satu minggu atau lebih. Termasuk yang dilakukan tracing pada Rabu dan Jumat (6-8/5/2020),” ujarnya, Kamis (14/5/2020).

Namun, ucap dia, bila mengikuti aturan di Litbangkes Jakarta atau pusat, hasil tes bisa selesai dalam waktu tiga hari. “Namun, karena semua terpusat di sana (Litbangkes), jadi bisa sampai satu minggu. Tapi sebenarnya paling cepat itu memang tiga hari, kalau kondisi saat ini kan kami juga harus antre dengan yang lain,” ujarnya.

Ikbal menyebutkan, pada tracing yang dilakukan beberapa waktu lalu, pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap 85 orang. Terdiri dari keluarga pasien positif Covid-19, rekan kerja hingga orang terdekat lainnya yang sempat melakukan kontak langsung. “Itu untuk pemeriksaan swab dan rapid, jadi swab itu ada sekitar 20 orang yang dites,” ucapnya.

Sebelumnya, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Serang menargetkan 450 orang untuk menjalani tes, baik rapid mau pun swab.

“Kami juga melakukan tracing, apabila ditemukan kasus pasien terkonfirmasi Covid-19. Itu pun bertahap, setelah hasil tes keluar dan kami akan kembali melacak lagi, khawatir ada yang terkonfirmasi pada hasil tes nanti. Kalau untuk sementara ini paling melakukan rapid test saja,” katanya.

Ia menjelaskan, saat ini beberapa kelurahan yang masuk ke dalam zona merah yakni, Kelurahan Serang, Banjarsari, Cipocok Jaya, Terondol dan Penancangan. “Semuanya sudah mengikuti protokol kesehatan dan melakukan lockdown lokal atau karantina lokal di masing-masing kelurahan, khususnya wilayah terpapar,” ujarnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini