Beranda Olahraga Hasil Drawing Piala Thomas dan Uber 2024, Tim Putra Indonesia Masuk Grup...

Hasil Drawing Piala Thomas dan Uber 2024, Tim Putra Indonesia Masuk Grup Berat

Trofi Piala Thomas di Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) malam WIB. [ANTARA FOTO/Claus Fisker/Ritzau Scanpix via Reuters]

BANTEN – Hasil drawing Piala Thomas dan Uber 2024 sudah bisa diketahui. Tim bulu tangkis Indonesia terutama putra, masuk dalam grup berat.

Proses undian fase grup Piala Thomas dan Uber 2024 telah bergulir di Chengdu, China pada Jumat (22/3/2024) malam WIB. Ajang ini akan berlangsung akhir April mendatang.

Tim bulu tangkis putra Indonesia ditempatkan dalam Grup C yang terdiri dari negara-negara kuat seperti India, Thailand, dan Inggris.

Ini menjadi kali keenam Indonesia berada dalam grup yang sama dengan Thailand sejak 2014.

Di sisi lain, terdapat 12 negara lain yang juga akan berpartisipasi dalam turnamen beregu putra ini.

Grup A diisi oleh China, Korea Selatan, Kanada, dan Australia. Grup B diisi oleh Jepang, Taiwan, Jerman, dan Ceko. Sedangkan Grup D dihuni oleh Denmark, Malaysia, Hong Kong, dan Algeria.

Sementara itu, tim bulu tangkis putri Indonesia akan berada dalam Grup C bersama dengan Jepang, Hong Kong, dan Uganda.

Tim putri Indonesia berhasil lolos ke Piala Uber setelah menjadi semifinalis pada Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia (BATC) 2024 bulan lalu.

Lebih lanjut, pada Piala Uber kali ini, Grup A diisi oleh China, India, Kanada, dan Singapura. Grup B dihuni oleh Thailand, Taiwan, Malaysia, dan Australia. Grup D diisi oleh Korea Selatan, Denmark, Amerika Serikat, dan Meksiko.

Adapun Indonesia memiliki rekam jejak yang gemilang dalam Piala Thomas, dengan mengoleksi 14 gelar sejak tahun 1958.

Pada edisi terakhir, Indonesia keluar sebagai juara setelah mengalahkan China. Sedangkan untuk Piala Uber, Indonesia terakhir kali menjadi juara pada tahun 1996.

Piala Thomas terakhir dibawa pulang oleh skuad putra Indonesia pada tahun 2020 di Aarhus, Denmark.

Saat itu, tim yang diperkuat oleh Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menang telak 3-0 atas China.

Kemenangan tersebut merupakan pencapaian yang sangat diapresiasi oleh para penggemar bulu tangkis, karena Indonesia berhasil memboyong Piala Thomas di turnamen tersebut setelah puasa gelar selama 19 tahun lamanya.

Pada edisi 2022, Indonesia keluar sebagai runnerup setelah kalah dari tim bulu tangkis putra India.

Beralih ke tim putri, Indonesia terakhir kali membawa pulang Piala Uber pada tahun 1996 di Hong Kong, dengan kemenangan atas China 4-1.

Sejak saat itu, pencapaian terbaik skuad putri Indonesia adalah runnerup pada Piala Uber 2008 di Jakarta, dan semifinalis di Piala Uber 2010 yang diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini