Beranda Pendidikan Hari Pertama, UNBK Tingkat SMK di Kota Serang Diklaim Berjalan Lancar

Hari Pertama, UNBK Tingkat SMK di Kota Serang Diklaim Berjalan Lancar

196
0
Siswa SMKN 1 Kota Serang melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). (ade/Bantennews)

 

SERANG– Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau bisa disebut juga Computer Based Test (CBT) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Serang berjalan lancar. Belum ada laporan kendala apapun dalam pelaksanaannya. Mulai dari komputer, server, listrik hingga jaringan.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK se-Banten Lilik Hidayatulloh yang juga merupakan Kepala SMKN 2 Kota Serang, saat ditemui di ruang kerjannya, Senin (25/3/2019).

Lilik menjelaskan, pelaksanaan UNBK tahun 2019 tingkat SMK di Kota Serang bisa terbilang lancar. Karena hampir seluruh sekolah sudah  memiliki ruangan lab komputer masing-masing. Bahkan, kata Lilik, untuk server pun, setiap sekolah telah menggunakan mode server Topologi Bus (Penghubung dari komputer satu ke komputer lainnya).

“Jadi sudah tidak ada kendala apapun. Mulai dari server, jaringan hingga ruang lab komputer. Semuannya telah tersedia,” ujarnya.

Ia menambahkan pelaksanaan UNBK tahun ini tak ada peebedaan dari tahun sebelumnya. Karena masih memakai tahapan 3 sesi. Dari pagi, siang hingga sore hari.

“Saya kira, pelaksanaan UNBK tahun 2019 tidak ada perbedaan dengan tahun 2018. Masih memakai cara bergantian,” ucapnya.

Lilik juga mengaku bahwa apabila terjadi mati lampu dalam pelaksanaan UNBK, tidaklah khawatir. Dikarenakan, setiap SMK di Kota Serang telah memakai On Power System.

“Oleh karena itu, kita tidak khawatir apabila terjadi mati lampu dalam pelaksanaan UNBK. Karena kita sekarang telah terdapat On Power System, seperti sejenis genset,”ujarnya.

Dalam kesempatan itu pun, Lilik juga menerangkan, di SMKN 2 Kota Serang terdapat 811 peserta ujian, dengan total komputer sebanyak 288 unit, yang dibagi dengan 8 lab komputer.

Kemudian, sambungnnya, 1 lab komputer diisi dengan 36 unit komputer. “Pelaksanaan UNBK ini pun akan berjalan selama 4 hari,” ujarnnya.

Di tempat berbeda, Ketua Penanggung Jawab UNBK, SMKN 4 Kota Serang,¬† Andy Affandi menambahkan, bahwa di SMKN 4 Kota Serang, hanya terdapat 170 unit komputer dan 5 ruangan lap komputer. “Satu ruangan lab diisi dengan 34 komputer, dengan siswa 485,” ujarnya.

Hari pertama mata pelajaran UNBK yaitu, Bahasa Indonesia. Di hari kedua, Matematika, hari ketiga B. Inggris dan terakhir Teori Kejuruan.(Dhe/Red).