Beranda Pendidikan Hari Pertama PPDB Online di Tangsel, Dindikbud Klaim Berjalan Lancar

Hari Pertama PPDB Online di Tangsel, Dindikbud Klaim Berjalan Lancar

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Tangerang Selatan (Tangsel), Taryono

TANGSEL – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengklaim proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online yang diselenggarakan, Selasa (16/6/2020) berjalan lancar.

Kepala Dindikbud Tangsel Taryono mengatakan, PPDB kali ini dilaksanakan di masa pandemi Covid-19. Oleh karenanya prosesnya dilakukan secara jarak jauh atau online.

“Sejauh ini saya memantau hari ini lancar. Semua prosesnya dilaksanankan dimana anak dan orangtua siswa tidak boleh hadir di sekolah secara langsung. Jadi untuk komunikasi melalui WA dan aplikasi aja,” ungkap Taryono di ruangannya, Selasa (16/6/2020).

Untuk pendaftaran SMP, kata Taryono, ada 4 jalur sesuai dengan Permendikbud, yaitu 50 persen jalur zonasi, 15 persen afirmasi, 5 persen perpindahan orangtua, dan 30 persen prestasi.

“Untuk pendaftarannya dibagi 2 gelombang atau tahap. Tahap pertama yaitu jalur zonasi dan perpindahan orangtua yang sekarang sedang berlangsung dan nanti pengumuman, baru nanti pendaftaran lewat jalur prestasi,” jelasnya.

Sementara, lanjut Taryono, kalau jalur zonasi seleksinya berdasarkan dengan jarak terdekat antara rumah dan sekolah. Afirmasi adalah jalur tidak mampu dibuktikan dengan kepemilikan KIP dan PKH.

“Kemudian perpindahan orangtua harus menunjukan SK perpindahan orang tuanya dan jalur prestasi. Prestasi dibagi 2 ada prestasi akademis berdasarkan nilai dari raport 5 semester yang terangkum dalam SKHB (Surat Keterangan Hasil Belajar). Kemudian jalur akademis adalah lomba-lomba dibuktikan dengan sertifikat,” terangnya.

Untuk mengakses link pendaftarannya, papar Taryono, cukup membuka dikbudtangerangselatan.go.id, dan nanti muncul keterangan alurnya.

“Nah nanti setelah selesai berkas dikirim langsung di WA, atau kalau berkasnya banyak bisa dikirim lewat Go send biar cepet,” tandasnya.

(Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini