Beranda Olahraga Hari Ini Pemilihan Ketua Umum PSSI, Begini Mekanismenya

Hari Ini Pemilihan Ketua Umum PSSI, Begini Mekanismenya

JAKARTA – Penantian pecinta sepak bola untuk mengetahui siapa ketua umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) periode 2023-2027 akan segera diketahui. PSSI akan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) hari ini, Kamis (16/2/2023) di Hotel Shangri-La, Jakarta.

Ketua Komite Pemilihan (KP) PSSI, Amir Burhanudin sebelumnya menjelaskan terkait mekanisme pemilihan Ketua Umum PSSI serta Wakil Ketua hingga anggota komite eksekutif (EXCO). Berikut penjabarannya.

“Untuk proses pemilihannya setiap posisi dari ketua umum, wakil ketua umum, hingga anggota Exco PSSI akan dilakukan terpisah,” kata Amir Burhanudin beberapa waktu lalu.

Nantinya, mekanisme pemilihan dilakukan dengan sistem pemungutan suara. Agar sah terpilih, para calon harus mendapatkan suara 50 persen +1 dari total voters atau pemilik suara yang hadir.

Amir Burhanudin mengatakan bahwa voters atau pemilik suara untuk KLB PSSI kali ini berjumlah 87.

Mereka terdiri dari 34 Asosiasi Provinsi, 18 Liga 1, 16 klub Liga 2, 16 Liga 3, Federasi Futsal Indonesia, Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia dan Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia.

Lebih jauh, andai seuruh voters ini hadir dalam KLB PSSI, maka seorang calon bakal sah menjadi Ketua Umum PSSI 2023-2027 andai mendapatkan setidaknya 45 suara alias 50 persen +1 dari jumlah 87 voters.

Perubahan Komposisi Calon Ketua Umum PSSI

Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP) PSSI sebelumnya telah menentukan 76 nama sebagai calon tetap Komite Eksekutif atau Exco PSSI periode 2023-2027.

Mereka terdiri dari 5 calon ketua umum, 16 calon wakil ketua umum, dan 55 calon anggota Exco PSSI.

Namun, belakang terdapat perubahan komposisi calon khususnya dalam kategori Ketua Umum. Satu calon yakni Fary Djemie memilih mundur. Hal itu bikin hanya empat sosok yang akan maju dalam KLB PSSI yakni Erick Thohir, La Nyalla Mahmud Mattalitti, Arief Putra Wicaksono dan Doni Setiabudi.

Merujuk Pasal 38 Ayat (1)dan (3) Statuta PSSI 2019, Exco PSSI itu terdiri dari satu ketua umum, dua wakil ketua umum, dan 12 anggota yang salah satunya adalah wanita. Jadi, jika dijumlahkan, PSSI akan memiliki 15 anggota eksekutif (EXCO).

KLB PSSI dijadwalkan berlangsung hari ini, Kamis (16/2/2023) di Hotel Shangri-La, Jakarta. Acara ini sudah dimulai sejak pukul 09.00 WIB. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News