Beranda Ramadan Hari Ini Mulai Sahur, Begini Tipsnya Supaya Bangun Sebelum Imsak

Hari Ini Mulai Sahur, Begini Tipsnya Supaya Bangun Sebelum Imsak

Ilustrasi - foto istimewa dream.co.id

Mulai hari ini umat muslim sudah harus bangun sahur selama sebulan penuh selama Ramadan. Buat kamu yang terbiasa tidur terlalu larut, mulai sekarang coba cara untuk membuat kamu terlelap lebih awal dan bangun lebih awal. Sehingga bangun tidur juga sebelum imsak.

Hal ini sudah seharusnya kamu perhatikan agar saat bekerja nanti juga bisa tetap fokus dan nggak pakai ada hutang tidur.

Berikut tipsnya.

1. Sesuaikan jam bangunnya

Salah satu alasan mengapa orang senang begadang adalah karena mereka tidak lelah. Nah maka dari itu kamu harus memastikan kamu merasa mengantuk lebih awal di malam hari dan untuk itu, kamu mesti bangun jauh lebih awal dari biasanya. Akan sulit untuk beberapa hari saat kamu menyesuaikan, tetapi konsisten saja ya.

2. Lakukan secara perlahan

Jika bangun sahur terlalu pagi bagi kamu, cobalah untuk mengatur alarm di hp lebih awal tapi lakukan dengan perlahan. Misalnya hari ini mundurkan 30 menit, besoknya 30 menit lagi, dan sampai akhirnya tiba di jadwal yang kamu inginkan.

3. Nyalakan lampu

Sangat sulit untuk merasa berenergi ketika rumah terasa gelap. Coba dengan nyalakan beberapa lampu. Cahaya akan mengurangi produksi melatonin yang merangsang tubuh untuk merasa mengantuk, membuat kamu merasa lebih waspada.

4. Majukan jadwal malam

Bila memungkinkan, alihkan waktu untuk melakukan kegiatan yang biasa kamu lakukan di malam hari entah itu ke gym, makan malam, menonton TV, atau bersosialisasi dengan teman-teman sekitar satu jam sebelumnya. Seumpama jadwal tidak memungkinkan, pertimbangkan kegiatan mana yang dapat dipersingkat atau dilakukan pada hari-hari alternatif untuk membantu kamu memajukan waktu tidur dengan jumlah menit yang sama dengan waktu bangun baru.

5. Tetap konsisten

Cara tercepat untuk membuat tubuh bangun pada jadwal baru adalah tetap dengan jadwal itu. Tubuh pun mendapat manfaat dari tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya, loh. (Red)

Sumber : detik.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News