Beranda Peristiwa Hari Ini, Kualitas Udara di Tangsel dan Bekasi Lebih Buruk Dibanding Jakarta

Hari Ini, Kualitas Udara di Tangsel dan Bekasi Lebih Buruk Dibanding Jakarta

Hasil tangkap layar airvisual.com

 

JAKARTA – Situs penyedia data polusi udara, www.airvisual.com mencatat kualitas udara Kota Bekasi, Jawa Barat dan Tangerang Selatan (Tangsel) Banten, lebih buruk ketimbang Jakarta pada Senin (12/8/2019) pagi.

Data AirVisual hingga pukul 08.30 WIB menyebut, kualitas udara kedua kota sama-sama “merah” dengan Bekasi berada pada angka 182, sedangkan Tangsel 198 bahkan pada pukul 09.30 berada pada angka 200.

Padahal, AirVisual juga mencatat bahwa pagi ini Jakarta jadi kota besar dunia dengan polusi udara terburuk dengan tingkat kualitas udara 163.

Pengukuran AirVisual terhadap kualitas udara dilakukan menggunakan parameter PM (particulate matter) 2,5 alias pengukuran debu berukuran 2,5 mikron berstandar US AQI (air quality index).

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan, ambang batas sehat konsentrasi PM 2,5 di sebuah kota tak dapat lebih dari 25 mikrogram per meter kubik (mikrogram/meterkubik) dalam 24 jam.

Sementara itu, konsentrasi PM 2,5 Bekasi pagi ini mencapai 115 mikrogram/meterkubik, sementara konsentrasi PM 2,5 Tangsel ada di angka 145,8 mikrogram/meterkubik.

Dengan tingkat polusi seperti ini, kualitas udara di Jakarta, Bekasi, dan Tangsel dapat mengakibatkan gangguan pada paru-paru dan jantung, terutama pada kelompok sensitif dengan risiko tinggi.

Untuk itu, kelompok sensitif direkomendasikan mengurangi kegiatan luar ruangan. Warga yang beraktivitas di luar ruang dianjurkan untuk mengenakan masker guna menangkal polusi. (Red)

Sumber : Kompas.com

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini